Asesmen Pra Program Tahap 1
50 dari 50 soal dijawab dengan benar 100 % |
- Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
- PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
- Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
- Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
- Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
- Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
- Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
- Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
- Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
- Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
- Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
- Memanusiakan hubungan
- Memahami konsep
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
- Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
- Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
- Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
- Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
- Menyusun jadwal belajar bersama anak
- Bertanya tantangan belajar kepada anak
- Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memanusiakan hubungan
- Memberdayakan konteks
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
- Memahami konsep
- Membangun keberlanjutan
- Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
- Penyederhanaan dari kurikulum nasional
- Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
- Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
- Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
- Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
- Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
- Konsep
- Keterampilan
- Konteks
- Kompetensi
- Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
- Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
- Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
- Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
- Konten
- Konsep
- Kompetensi
- Topik
Kompetensi 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi 4
(Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.1 Menggali
informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan
hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1 Menyajikan hasil
wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis
dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. |
- Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
- Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
- Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
- Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
- Agar memudahkan guru dalam mengajar
- Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
- Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
- Agar asesmen mudah dilakukan
Kompetensi Inti 3
(Pengetahuan) |
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.5 Mengidentifikasi komponen
listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara
menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi
listrik |
4.5 Menyajikan karya
tentang berbagai cara melakukan penghematan
energi dan usulan sumber alternatif energi listrik |
- Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
- Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
- Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
- Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
- Asesmen formatif
- Asesmen kognitif
- Asesmen diagnosis awal
- Asesmen sumatif
- Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
- Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
- Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
- Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
- Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
- Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
- Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
- Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
- Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
- Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
- Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
- Membuat aktivitas belajar yang kreatif
- Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
- Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
- Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
- Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
- Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
- “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
- “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
- “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
- Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
- Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
- Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen untuk belajar
- Asesmen sebagai belajar
- Asesmen terhadap belajar
- Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
- Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
- Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
- Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
- Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
- Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen terhadap belajar
- Asesmen formatif
- Asesmen sumatif
- Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
- Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
- Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
- Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
- Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
- Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
- Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
- 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
- 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
- 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
- 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
- Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
- Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
- Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
- Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap muka antara guru dengan murid
- Dalam jaringan/online
- Luar jaringan /offline
- Terpadu (memadukan)
- Kunjungan guru
- Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
- Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
- Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
- Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
- Model PJJ dengan kelas daring
- Model guru kunjung
- Model kelas luring berkelompok kecil
- Model PJJ melalui televisi
- Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
- Pembelajaran berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun luring
- Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
- Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan rumah
- Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
- Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
- Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
- Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
- Daring sinkron
- Daring asinkron
- Luring sinkron
- Luring asinkron
- Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
- Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
- Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
- Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
- Visual
- Audio
- Audio visual
- Multimedia
- Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar
- Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
- Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
- Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
- Karakteristik peserta didik
- Potensi media dan teknologi
- Keadaan latar atau lingkungan
- Tujuan pembelajaran
- Pesan
- Bahan
- Orang
- Alat
- Melihat simulasi
- Melihat pameran
- Berpartisipasi dalam workshop
- Melakukan simulasi
- Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
- Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
- Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
- Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
- Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
- Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
- Mudah ditemui di kehidupan nyata
- Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
- Ibu Tini sebagai guru matematika
- Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
- Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
- Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Kuis Konsep PJJ-Tahap 1 Topik 1
- Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
- PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa
- Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa
- Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
- Memastikan pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19
- Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19
- Memastikan pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua
- Dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online
- Dilakukan secara luring (luar jaringan) atau offline
- Kombinasi antara daring dan luring
- Disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar siswa
- Video pembelajaran
- Buku sekolah elektronik
- Program belajar melalui televisi
- Grup Whatsapp
- Memahami konsep
- Merancang RPP
- Membangun keberlanjutan
- Memilih tantangan
- Memanusiakan hubungan
- Memilih tantangan
- Memahami konsep
- Memberdayakan konteks
- Memanusiakan hubungan
- Memahami konsep
- Membangun keberlanjutan
- Memberdayakan konteks
- Memberi umpan balik dan refleksi pada setiap penugasan yang diberikan
- Menyediakan pilihan jam belajar siswa
- Memetakan profil siswa dan orang tua
- Membangun kesepakatan dengan orang tua
- Cara belajar anak
- Pekerjaan orang tua dan waktu mendampingi belajar anak
- Kebiasaan anak di rumah
- Semua jawaban benar
- Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
- Menyusun jadwal belajar bersama anak
- Bertanya tantangan atau kesulitan belajar yang dihadapi anak
- Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
Kuis Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus Tahap 1-Topik 2
- Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun
- Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua
- Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal
- Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi
- Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi
- Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi
- Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup
- Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas
- Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional
- Menggunakan kurikulum darurat
- Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum
- Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
- Penyederhanaan dari kurikulum nasional
- Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
- Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan
- Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan
- Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis
- Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi minimal saja
- Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran
- Kemampuan untuk membuat produk sesuai contoh
- Kemampuan untuk memecahkan masalah terkait kehidupan
- Kemampuan berpikir kritis dengan menjawab soal analisis
- Kemampuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM
- Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
- Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
- Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
- Meningkatnya capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran
Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal Tahap 1-Topik 3
- Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
- Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
- Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
- Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
- Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
- Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
- Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
- Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
- Apa orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
- Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
- Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
- Membuat aktivitas belajar yang kreatif
- Melakukan diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
- Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Berkala Tahap 1-Topik 4
- Asesmen untuk proses belajar
- Asesmen terhadap proses belajar
- Asesmen dalam proses belajar
- Asesmen sebagai proses belajar
- Asesmen dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
- Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
- Asesmen dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
- Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya
- Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
- Menilai hasil belajar siswa
- Monitoring dan refleksi proses belajar siswa
- Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
- Asesmen untuk proses belajar
- Asesmen terhadap proses belajar
- Asesmen dalam proses belajar
- Asesmen sebagai proses belajar
- Menilai hasil belajar siswa
- Melibatkan orang tua dalam proses belajar anak
- Memfasilitasi sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
- Memetakan kemampuan belajar siswa
- Di awal saat hendak memulai topik/materi pembelajaran
- Di akhir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
- Saat melaksanakan pembelajaran
- Dilaksanakan secara rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran
- Asesmen sumatif
- Asesmen formatif
- Asesmen terhadap proses belajar
- Asesmen diagnostik
- Orientasi pada proses belajar siswa
- Dilakukan secara berkala saat pembelajaran berlangsung
- Mengukur hasil belajar siswa
- Memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis
- Menyusun 10 soal sederhana
- Memberikan asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
- Mengolah hasil asesmen
- Melakukan asesmen diagnosis kognitif
- Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
- Mengukur pencapaian hasil belajar siswa
- Mengembangkan potensi dan minat siswa
- Melibatkan orang tua dalam asesmen
Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1-Topik 5
- Pembelajaran Jarak Jauh sesuai dengan kebutuhan siswa
- Pembelajaran Jarak Jauh berarti pembelajaran daring/online
- Pembelajaran Jarak Jauh membutuhkan tidak hanya pembelajaran daring
- Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif membutuhkan adaptasi
- Radio pembelajaran
- Grup Whatsapp
- Televisi pembelajaran
- Lembar Kerja Siswa
- Guru memberikan tugas mandiri yang dapat diselesaikan siswa secara fleksibel
- Guru berinteraksi bersama siswa sesuai waktu yang disepakati
- Guru dan siswa menggunakan aplikasi LMS (Learning Management System)
- Guru menyaksikan siaran pembelajaran melalui televisi
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Terpadu
- Online
- Dalam jaringan
- Luar jaringan
- Terpadu
- Daring dan Luring
- Menggunakan aplikasi dan gawai untuk melakukan pembelajaran
- Interaksi dengan guru melalui tatap muka langsung/radio
- Menggunakan modul belajar mandiri untuk pembelajaran
- Menggunakan paduan pembelajaran luring dan daring
- Pembelajaran daring (online)
- Pembelajaran luring (offline)
- Pembelajaran terpadu (blended)
- Pembelajaran berbasis kompetensi
- Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
- Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
- Asinkron pada pembelajaran daring (online)
- Sinkron pada pembelajaran daring (online)
- Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
- Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
- Asinkron pada pembelajaran daring (online)
- Sinkron pada pembelajaran daring (online)
- Memanusiakan dan memilih tantangan
- Memanusiakan hubungan dan memahami konsep
- Memanusiakan hubungan dan memberdayakan konteks
- Memanusiakan hubungan dan membangun keberlanjutan
Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1-Topik 6
- Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
- Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan
- Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari
- Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran
- teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten.
- teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
- teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
- teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru
- Mendengar ceramah
- Menonton video
- Melihat pameran
- Melakukan simulasi
- Mengevaluasi
- Menjelaskan
- Menciptakan
- Menganalisis
- Metode dan pilihan media pembelajaran
- Kebutuhan pembelajaran siswa
- Konten yang akan dipelajari siswa
- Target pencapaian akhir pembelajaran
- Menyampaikan pesan lebih jelas
- Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit
- Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
- Mendorong keterlibatan murid
- Audio visual
- Audio visual bergerak
- Audio visual tidak bergerak
- Multimedia
- Sesuai dengan rencana pembelajaran
- Memungkinkan adanya personalisasi
- Membutuhkan energi dan waktu pembuatan
- Membutuhkan waktu untuk kurasi materi
- Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif
- Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih
- Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas
- Pembelajaran lebih mendukung kompetensi siswa
- Tujuan pembelajaran
- Karakteristik siswa
- Keadaan lingkungan
- Potensi teknologi
Asesmen Pasca Program Tahap 1
- Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
- Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
- Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
- Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memanusiakan hubungan
- Memberdayakan konteks
- Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
- Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
- Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
- Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap muka antara guru dengan murid
- Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
- Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
- Membuat aktivitas belajar yang kreatif
- Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
- Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
- PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
- Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
- Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
- Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
- Pembelajaran berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun luring
- Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
- Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan rumah
- Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
- Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
- Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
- Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
- Agar memudahkan guru dalam mengajar
- Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
- Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
- Agar asesmen mudah dilakukan
- Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
- Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
- Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
- Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
- Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
- Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
- Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
- Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
- Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
- Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
- Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
- Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
- Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
- Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
- Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
- Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
- 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
- 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
- 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
- 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
- Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
- Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
- Daring sinkron
- Daring asinkron
- Luring sinkron
- Luring asinkron
- Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
- Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
- Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
- Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
- Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
- Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
- Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
- Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
- Konten
- Konsep
- Kompetensi
- Topik
- Konsep
- Keterampilan
- Konteks
- Kompetensi
Kompetensi 3 (Pengetahuan) |
Kompetensi 4 (Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah |
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.1 Menggali
informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan
hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. |
4.1 Menyajikan hasil
wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis
dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. |
- Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
- Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
- Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
- Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
- Pesan
- Bahan
- Orang
- Alat
- Visual
- Audio
- Audio visual
- Multimedia
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Memanusiakan hubungan
- Memahami konsep
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
Kompetensi Inti 3
(Pengetahuan) |
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan) |
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain |
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Dasar |
3.5 Mengidentifikasi komponen
listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara
menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi
listrik |
4.5 Menyajikan karya
tentang berbagai cara melakukan penghematan
energi dan usulan sumber alternatif energi listrik |
- Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
- Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
- Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
- Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
- Memberdayakan konteks
- Memilih tantangan
- Memahami konsep
- Membangun keberlanjutan
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
- Ibu Tini sebagai guru matematika
- Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
- Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
- Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
- Model PJJ dengan kelas daring
- Model guru kunjung
- Model kelas luring berkelompok kecil
- Model PJJ melalui televisi
- Karakteristik peserta didik
- Potensi media dan teknologi
- Keadaan latar atau lingkungan
- Tujuan pembelajaran
- Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
- Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
- Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
- Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
- Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
- Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
- Mudah ditemui di kehidupan nyata
- Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
- “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
- “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
- Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
- Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
- Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
- Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
- Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
- Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
- Melihat simulasi
- Melihat pameran
- Berpartisipasi dalam workshop
- Melakukan simulasi
- Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
- Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
- Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
- Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
- Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
- Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
- Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
- Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
- Asesmen formatif
- Asesmen kognitif
- Asesmen diagnosis awal
- Asesmen sumatif
- Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
- Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
- Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
- Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen terhadap belajar
- Asesmen formatif
- Asesmen sumatif
- Membangun keberlanjutan
- Memahami konsep
- Memilih tantangan
- Memberdayakan konteks
- Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
- Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
- Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
- Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
- Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
- Menyusun jadwal belajar bersama anak
- Bertanya tantangan belajar kepada anak
- Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
- Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
- Penyederhanaan dari kurikulum nasional
- Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
- Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
- Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
- Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
- Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
- Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
- Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
- Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
- Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
- Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
- Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
- Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
- Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
- Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
- Asesmen pembelajaran
- Asesmen untuk belajar
- Asesmen sebagai belajar
- Asesmen terhadap belajar
- Dalam jaringan/online
- Luar jaringan /offline
- Terpadu (memadukan)
- Kunjungan guru
SERTIFIKAT Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 diberikan kepada Ikhsan Jailani |
Struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
Interesting
BalasHapusThanks men
HapusMantul. Blognya sangat berisi
BalasHapusTerima kasih ibu
Hapus