Rabu, 04 November 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tahap 1: Bimtek Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19


Asesmen Pra Program Tahap 1

50 dari 50 soal dijawab dengan benar 100 %

Question 1 of 50
Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru adalah…

  • Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
  • PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
  • Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
  • Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
Question 2 of 50
Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
  • Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
  • Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
  • Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
  • Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
Question 3 of 50
Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
  • Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
  • Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
  • Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
Question 4 of 50
Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M…
  • Memanusiakan hubungan
  • Memahami konsep
  • Memberdayakan konteks
  • Memilih tantangan
Question 5 of 50
Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memilih tantangan
  • Memberdayakan konteks
Question 6 of 50
Perhatikanlah daftar dibawah ini;
  • Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
  • Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
  • Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memilih tantangan
  • Memberdayakan konteks
Question 7 of 50
Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
  • Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
  • Menyusun jadwal belajar bersama anak
  • Bertanya tantangan belajar kepada anak
  • Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
Question 8 of 50
Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memanusiakan hubungan
  • Memberdayakan konteks
Question 9 of 50
Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
  • Memberdayakan konteks
  • Memilih tantangan
  • Memahami konsep
  • Membangun keberlanjutan
Question 10 of 50
Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
  • Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
  • Penyederhanaan dari kurikulum nasional
  • Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
  • Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
Question 11 of 50
Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
  • Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
  • Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
  • Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
  • Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
Question 12 of 50
Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
  • Konsep
  • Keterampilan
  • Konteks
  • Kompetensi
Question 13 of 50
Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
  • Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
  • Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
  • Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
  • Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
Question 14 of 50
Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.
Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
  • Konten
  • Konsep
  • Kompetensi
  • Topik
Question 15 of 50

Kompetensi 3 (Pengetahuan)

Kompetensi 4 (Keterampilan) 

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

4. Menyajikan pengetahuan  faktual dalam bahasa  yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis,dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat, dan dalam tindakan  yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

3.1 Menggali  informasi tentang  cara-cara

perawatan tumbuhan dan    hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan  kosakata baku dan kalimat efektif.

Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
  • Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
  • Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
  • Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
  • Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
Question 16 of 50
Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
  • Agar memudahkan guru dalam mengajar
  • Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
  • Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
  • Agar asesmen mudah dilakukan
Question 17 of 50

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Memahami  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dengan  cara  mengamati, menanya  dan  mencoba  berdasarkan rasa    ingin    tahu    tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan  benda-benda  yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

4. Menyajikan  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dalam  bahasa  yang  jelas, sistematis,   logis   dan   kritis,   dalam karya   yang   estetis,   dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat,  dan dalam  tindakan  yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya    serta    menjelaskan   cara menghasilkan,     menyalurkan,     dan menghemat energi listrik

4.5 Menyajikan   karya   tentang   berbagai cara  melakukan  penghematan  energi dan  usulan  sumber  alternatif  energi listrik

Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
  • Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
  • Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
  • Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
  • Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
Question 18 of 50
Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
  • Asesmen formatif
  • Asesmen kognitif
  • Asesmen diagnosis awal
  • Asesmen sumatif
Question 19 of 50
Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
  • Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
  • Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
  • Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
  • Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
Question 20 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
  • Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
  • Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
  • Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
  • Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Question 21 of 50
Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
  • Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
  • Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
  • Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
  • Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
Question 22 of 50
Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 23 of 50
Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 24 of 50
Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif  awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
  • Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
  • Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
  • Membuat aktivitas belajar yang kreatif
  • Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Question 25 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
  • Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
  • Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
  • Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
  • Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
Question 26 of 50
Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan: 
  1. “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
  2. “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
  3. “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan  Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 27 of 50
Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
  • Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
  • Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
  • Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
  • Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
Question 28 of 50
Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
  • Asesmen pembelajaran
  • Asesmen untuk belajar
  • Asesmen sebagai belajar
  • Asesmen terhadap belajar
Question 29 of 50
Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
  • Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
  • Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
  • Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
  • Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
Question 30 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
  • Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
  • Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
Question 31 of 50
Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
  • Asesmen pembelajaran
  • Asesmen terhadap belajar
  • Asesmen formatif
  • Asesmen sumatif
Question 32 of 50
Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
  • Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
  • Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
  • Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
  • Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
Question 33 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
  • Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
  • Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
  • Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
Question 34 of 50
Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
  • 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
Question 35 of 50
Pembelajaran Jarak Jauh merupakan
  • Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
  • Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
  • Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
  • Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap muka antara guru dengan murid
Question 36 of 50
Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
  • Dalam jaringan/online
  • Luar jaringan /offline
  • Terpadu (memadukan)
  • Kunjungan guru
Question 37 of 50
Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
  • Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
  • Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
  • Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
  • Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
Question 38 of 50
Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
  • Model PJJ dengan kelas daring
  • Model guru kunjung
  • Model kelas luring berkelompok kecil
  • Model PJJ melalui televisi
Question 39 of 50
Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
  • Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
  • Pembelajaran berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun luring
  • Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
  • Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan rumah
Question 40 of 50
Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
  • Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
  • Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
  • Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
  • Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
Question 41 of 50
Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
  • Daring sinkron
  • Daring asinkron
  • Luring sinkron
  • Luring asinkron
Question 42 of 50
Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh guru?
  • Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
  • Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
  • Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
  • Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
Question 43 of 50
Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
  • Visual
  • Audio
  • Audio visual
  • Multimedia
Question 44 of 50
Definisi dari pengetahuan konten adalah…
  • Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar
  • Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
  • Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
  • Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
Question 45 of 50
Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
  • Karakteristik peserta didik
  • Potensi media dan teknologi
  • Keadaan latar atau lingkungan
  • Tujuan pembelajaran
Question 46 of 50
Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
  • Pesan
  • Bahan
  • Orang
  • Alat
Question 47 of 50
Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
  • Melihat simulasi
  • Melihat pameran
  • Berpartisipasi dalam workshop
  • Melakukan simulasi
Question 48 of 50
Definisi dari media pembelajaran adalah….
  • Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
  • Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
  • Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
  • Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
Question 49 of 50
Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
  • Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
  • Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
  • Mudah ditemui di kehidupan nyata
  • Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
Question 50 of 50
Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan  sebuah kubus, kawat, dan penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut, manakah yang termasuk media belajar?
  • Ibu Tini sebagai guru matematika
  • Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
  • Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
  • Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus

Kuis Konsep PJJ-Tahap 1 Topik 1

10 dari 10 soal dijawab dengan benar 100 %

1. Prinsip pembelajaran jarak jauh yang utama harus dipahami oleh guru ialah …
  • Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
  • PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
  • Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa
  • Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa
2. Diantara tujuan pembelajaran jarak jauh berikut, yang berkaitan langsung dengan proses belajar siswa ialah: 
  • Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
  • Memastikan pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19
  • Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19
  • Memastikan pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua
3. Covid-19 berdampak siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Menurut Anda, bagaimana memilih pendekatan pembelajaran jarak jauh yang efektif?
  • Dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online
  • Dilakukan secara luring (luar jaringan) atau offline
  • Kombinasi antara daring dan luring
  • Disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar siswa
4. Pembelajaran jarak jauh tidak selalu dilakukan secara daring (dalam jaringan), tetapi dapat dilakukan melalui luring (luar jaringan). Apa saja yang termasuk media belajar secara luring?
  • Video pembelajaran
  • Buku sekolah elektronik
  • Program belajar melalui televisi
  • Grup Whatsapp
5. Pembelajaran jarak jauh yang bermakna dapat dirancang melalui strategi 5M. Berikut ini yang bukan termasuk strategi 5M ialah:
  • Memahami konsep
  • Merancang RPP
  • Membangun keberlanjutan
  • Memilih tantangan
6. Guru Abdi mengajar di daerah pelosok Indonesia. Keterbatasan mengakses internet menjadi tantangan melaksanakan PJJ. Alhasil, Guru Abdi mengumpulkan informasi terlebih dulu terkait profil serta membangun kesepakatan bersama orang tua. Melalui hasil kesepakatan tersebut, penyampaian materi dilakukan melalui bahan ajar cetak sehingga siswa dan orang tua tidak terbebani dengan akses internet. Berdasarkan cerita dari Guru Abdi, apa strategi 5M yang telah diterapkan?
  • Memanusiakan hubungan
  • Memilih tantangan
  • Memahami konsep
  • Memberdayakan konteks
7. Masih dari cerita Guru Abdi, selain menggunakan bahan ajar cetak, Guru Abdi merancang kegiatan belajar yang bisa mencakup lebih dari satu pelajaran. Apa strategi 5M yang dilakukan?
  • Memanusiakan hubungan
  • Memahami konsep
  • Membangun keberlanjutan
  • Memberdayakan konteks
8. Menurut Anda, bagaimana menerapkan strategi 5M membangun keberlanjutan?
  • Memberi umpan balik dan refleksi pada setiap penugasan yang diberikan
  • Menyediakan pilihan jam belajar siswa
  • Memetakan profil siswa dan orang tua
  • Membangun kesepakatan dengan orang tua
9. Pembelajaran jarak jauh membuat guru, siswa dan orang tua untuk saling terlibat. Tantangan yang dikeluhkan orang tua merasa terbebani dengan tugas yang diberikan guru. Sebagai solusi, strategi 5M memanusiakan hubungan dapat  menjawab tantangan tersebut. Apa saja yang bisa menjadi topik diskusi antara guru dan orang tua dalam strategi memanusiakan hubungan?
  • Cara belajar anak
  • Pekerjaan orang tua dan waktu mendampingi belajar anak
  • Kebiasaan anak di rumah
  • Semua jawaban benar
10. Selain strategi memanusiakan hubungan, pelibatan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui strategi memilih tantangan. Bagaimana guru dapat melibatkan orang tua untuk menerapkan strategi memilih tantangan?
  • Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
  • Menyusun jadwal belajar bersama anak
  • Bertanya tantangan atau kesulitan belajar yang dihadapi anak
  • Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan

Kuis Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus Tahap 1-Topik 2

7 dari 7 soal dijawab dengan benar 100 %

1. Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus…
  • Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun
  • Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua
  • Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal
  • Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi
2. Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum pada kondisi khusus..
  • Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi
  • Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi
  • Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup
  • Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas
3. Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah …
  • Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional
  • Menggunakan kurikulum darurat
  • Membebaskan sekolah dari segala bentuk kurikulum
  • Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
4. Kurikulum pada kondisi khusus merupakan …
  • Penyederhanaan dari kurikulum nasional
  • Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
  • Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
  • Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu diberikan
5. Dengan penerapan kurikulum pada kondisi khusus diharapkan… 
  • Guru dan siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan setahun dengan cakupan yang telah ditentukan
  • Guru dan siswa dibebaskan dari berbagai beban kurikulum dan kompetensi yang tidak realistis
  • Guru dan siswa dapat melewati masa darurat pandemi Covid-19 dengan kompetensi minimal saja
  • Guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial yang diperlukan untuk kelanjutan pembelajaran
6. Hal manakah yang dapat membuktikan penguasaan kompetensi siswa?
  • Kemampuan untuk membuat produk sesuai contoh
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah terkait kehidupan
  • Kemampuan berpikir kritis dengan menjawab soal analisis
  • Kemampuan untuk mendapatkan nilai diatas KKM
7. Pembelajaran berbasis kompetensi terlihat dari …
  • Berbagai kebutuhan siswa yang terfasilitasi dengan berbagai strategi pembelajaran
  • Berbagai materi yang bervariasi dan cukup luas cakupannya untuk dipelajari
  • Berbagai produk hasil akhir terlihat sebagai bukti tugas akhir yang sesuai materi
  • Meningkatnya capaian nilai KKM kelas dan sekolah selama satu tahun ajaran

Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal Tahap 1-Topik 3

1. Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah…
  • Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
  • Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
  • Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
  • Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
2. Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran…
  • Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
  • Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
  • Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
  • Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
3. Dalam melakukan persiapan diagnosis awal non kognitif, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti…
  • Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
  • Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
  • Apa orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
  • Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
4. Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif awal, Adit seorang siswanya memiliki nilai skor yang tinggi pada asesmen kognitifnya namun pada asesmen non kognitif Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
  • Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
  • Membuat aktivitas belajar yang kreatif
  • Melakukan diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
  • Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit

Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Berkala Tahap 1-Topik 4

1. Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam pembelajaran ialah…
  • Asesmen untuk proses belajar
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen dalam proses belajar
  • Asesmen sebagai proses belajar
2. Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah…
  • Asesmen dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
  • Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar
  • Asesmen dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar
  • Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya
3. Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar ialah…
  • Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
  • Menilai hasil belajar siswa
  • Monitoring dan refleksi proses belajar siswa
  • Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
4. Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman siswa menguasai materi yang disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah menerapkan salah satu dari kategori asesmen..
  • Asesmen untuk proses belajar
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen dalam proses belajar
  • Asesmen sebagai proses belajar
5. Berikut ini merupakan tujuan merancang asesmen diagnosis berkala yaitu..
  • Menilai hasil belajar siswa
  • Melibatkan orang tua dalam proses belajar anak
  • Memfasilitasi sarana dan fasilitas pendukung pembelajaran
  • Memetakan kemampuan belajar siswa
6. Menurut Anda, kapan waktu yang tepat untuk melakukan asesmen diagnosis berkala?
  • Di awal saat hendak memulai topik/materi pembelajaran
  • Di akhir saat hendak mengakhiri topik/materi pembelajaran
  • Saat melaksanakan pembelajaran
  • Dilaksanakan secara rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran
7. Asesmen diagnosis berkala termasuk ke dalam asesmen…
  • Asesmen sumatif
  • Asesmen formatif
  • Asesmen terhadap proses belajar
  • Asesmen diagnostik
8. Berikut ini merupakan keterkaitan antara asesmen diagnosis berkala dengan asesmen formatif, kecuali…
  • Orientasi pada proses belajar siswa
  • Dilakukan secara berkala saat pembelajaran berlangsung
  • Mengukur hasil belajar siswa
  • Memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil diagnosis
9. Asesmen diagnosis berkala dilakukan melalui tiga tahap mencakup persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja yang dilakukan dalam tahap persiapan?
  • Menyusun 10 soal sederhana
  • Memberikan asesmen secara tatap muka atau belajar dari rumah
  • Mengolah hasil asesmen
  • Melakukan asesmen diagnosis kognitif
10. Apa harapan Anda saat melakukan ketiga tahap asesmen diagnosis berkala?
  • Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
  • Mengukur pencapaian hasil belajar siswa
  • Mengembangkan potensi dan minat siswa
  • Melibatkan orang tua dalam asesmen

Kuis Model Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1-Topik 5

1. Miskonsepsi yang sering kali terjadi mengenai Pembelajaran Jarak Jauh antara lain adalah …
  • Pembelajaran Jarak Jauh sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Pembelajaran Jarak Jauh berarti pembelajaran daring/online
  • Pembelajaran Jarak Jauh membutuhkan tidak hanya pembelajaran daring
  • Pembelajaran Jarak Jauh yang efektif membutuhkan adaptasi
2. Berikut yang termasuk media pembelajaran secara daring (dalam jaringan) ialah…
  • Radio pembelajaran
  • Grup Whatsapp
  • Televisi pembelajaran
  • Lembar Kerja Siswa
3. Dalam pembelajaran jarak jauh dikenal istilah sinkron dan asinkron. Bagaimana maksud sesi sinkron dalam pembelajaran?
  • Guru memberikan tugas mandiri yang dapat diselesaikan siswa secara fleksibel
  • Guru berinteraksi bersama siswa sesuai waktu yang disepakati
  • Guru dan siswa menggunakan aplikasi LMS (Learning Management System)
  • Guru menyaksikan siaran pembelajaran melalui televisi
4. Guru Dian mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sebagian besar siswanya tidak memiliki akses internet yang mendukung proses pembelajaran. Guru Dian menyiasati dengan memberi modul belajar mandiri untuk siswa. Dalam hal ini, apa model PJJ yang diterapkan Guru Dian?
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Terpadu
  • Online
5. Pembelajaran jarak jauh sering dilakukan melalui aplikasi zoom video conference. Termasuk model PJJ yang manakah penggunaan zoom tersebut?
  • Dalam jaringan
  • Luar jaringan
  • Terpadu
  • Daring dan Luring
6. Yang membedakan model pembelajaran terpadu (blended) dengan model Pembelajaran jarak jauh lainya adalah …
  • Menggunakan aplikasi dan gawai untuk melakukan pembelajaran
  • Interaksi dengan guru melalui tatap muka langsung/radio
  • Menggunakan modul belajar mandiri untuk pembelajaran
  • Menggunakan paduan pembelajaran luring dan daring
7. Guru Robi memberikan jadwal untuk melakukan pertemuan pagi bersama siswa setiap hari pada pukul 08.00 – 08.45 melalui google meet. Pada sesi ini guru dan murid dapat berdiskusi mengenai apa yang akan siswa pelajari dan lakukan hari itu, sekaligus melakukan refleksi mengenai pembelajaran kemarin. Setelah sesi pertemuan pagi, siswa dapat mengerjakan tugas mandiri seperti membaca materi, observasi, menulis, mengerjakan LKS sesuai dengan waktu yang mereka tentukan sendiri. Model pembelajaran seperti ini termasuk dalam kategori ..
  • Pembelajaran daring (online)
  • Pembelajaran luring (offline)
  • Pembelajaran terpadu (blended)
  • Pembelajaran berbasis kompetensi
8. Sesi pertemuan pagi Guru Robi diatas termasuk sesi …
  • Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Asinkron pada pembelajaran daring (online)
  • Sinkron pada pembelajaran daring (online)
9. Sementara sesi pengerjaan tugas mandiri sesuai dengan waktu yang siswa tentukan sendiri termasuk pada sesi … di kelas PJJ Guru Robi.
  • Asinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Sinkron pada pembelajaran terpadu (blended)
  • Asinkron pada pembelajaran daring (online)
  • Sinkron pada pembelajaran daring (online)
10. Cara 5M yang paling mendasari pemilihan model pembelajaran adalah …
  • Memanusiakan dan memilih tantangan
  • Memanusiakan hubungan dan memahami konsep
  • Memanusiakan hubungan dan memberdayakan konteks
  • Memanusiakan hubungan dan membangun keberlanjutan

Kuis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1-Topik 6

1. Dalam praktik pembelajaran jarak jauh, guru perlu menguasai pengetahuan Pedagogi, pengetahuan konten, dan pengetahuan teknologi. Pengetahuan pedagogi merupakan …
  • Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
  • Pengetahuan mengenai standar teknologi yang digunakan
  • Pengetahuan mengenai konsep penting yang dipelajari
  • Pengetahuan mengenai proses atau metode pembelajaran
2. Mengintegrasikan pengetahuan teknologi pada pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten menghasilkan pengetahuan konten pedagogi teknologi dimana …
  • teknologi melibatkan cara pedagogis untuk mengajarkan konten.
  • teknologi merupakan cara yang tepat guna mendukung pembelajaran
  • teknologi merupakan salah satu konten penting yang perlu dipelajari
  • teknologi menjadi pengetahuan utama yang perlu dikuasai guru
3. Pengalaman pembelajaran manakah yang memungkinkan siswa untuk mengingat lebih banyak?
  • Mendengar ceramah
  • Menonton video
  • Melihat pameran
  • Melakukan simulasi
4. Aktivitas yang dilakukan siswa berikut ini, yang masih digolongkan sebagai pembelajaran yang pasif adalah …
  • Mengevaluasi
  • Menjelaskan
  • Menciptakan
  • Menganalisis
5. Piramida pengalaman belajar Dale membantu guru untuk menghubungkan tujuan pembelajaran dengan ….
  • Metode dan pilihan media pembelajaran
  • Kebutuhan pembelajaran siswa
  • Konten yang akan dipelajari siswa
  • Target pencapaian akhir pembelajaran
6. Siswa kelas 1 lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Indonesia karena hari ini Guru Ima mengajak mereka untuk membuat komik tentang keluarga. Hal ini menunjukan manfaat media untuk …
  • Menyampaikan pesan lebih jelas
  • Mengubah pengalaman abstrak menjadi konkrit
  • Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
  • Mendorong keterlibatan murid
7. Film pendek penunjang pembelajaran termasuk ke dalam jenis media …
  • Audio visual
  • Audio visual bergerak
  • Audio visual tidak bergerak
  • Multimedia
8. Salah satu kekurangan dari sumber belajar yang dirancang sendiri oleh guru, antara lain …
  • Sesuai dengan rencana pembelajaran
  • Memungkinkan adanya personalisasi
  • Membutuhkan energi dan waktu pembuatan
  • Membutuhkan waktu untuk kurasi materi
9. Manfaat pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran jarak jauh yang paling terlihat  adalah …
  • Pembelajaran yang searah menjadi lebih interaktif
  • Pembelajaran menggunakan aplikasi yang canggih
  • Pembelajaran menjadi lebih kaya dengan aktivitas
  • Pembelajaran lebih mendukung kompetensi siswa
10. Dari asesmen diagnostik awal, Guru Rizqy mendapat data bahwa rata-rata muridnya memiliki gadget berupa hape dengan jangkauan jaringan internet yang cukup memadai di daerahnya. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari berbagai aplikasi. Guru Rizqy memilih menggunakan whatsapp untuk pembelajaran jarak jauh. Fitur obrolan, voice note, pengiriman gambar, video dan dokumen juga cukup dikenal dan mudah digunakan. Pemilihan ini didasari pertimbangan …
  • Tujuan pembelajaran
  • Karakteristik siswa
  • Keadaan lingkungan
  • Potensi teknologi

Asesmen Pasca Program Tahap 1

Question 1 of 50
Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
  • Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
  • Apa yang orang tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
  • Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
  • Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
Question 2 of 50
Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan Guru Roni adalah…
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memanusiakan hubungan
  • Memberdayakan konteks
Question 3 of 50
Pembelajaran Jarak Jauh merupakan
  • Pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada murid melalui WAG/email
  • Pembelajaran yang dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
  • Pembelajaran yang diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
  • Pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid meski tidak selalu bisa bertatap muka antara guru dengan murid
Question 4 of 50
Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non-kognitif  awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
  • Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
  • Berdiskusi dengan Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
  • Membuat aktivitas belajar yang kreatif
  • Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Question 5 of 50
Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dipahami oleh guru adalah…
  • Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
  • PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
  • Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
  • Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
Question 6 of 50
Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
  • Guru menjadi sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
  • Pembelajaran berpusat pada murid dimana murid belajar sumber belajar secara daring maupun luring
  • Fasilitas internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
  • Belajar tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring di sekolah dan rumah
Question 7 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal, Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat dilakukan guru kelas 5 adalah…
  • Menghubungi orang tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
  • Melakukan asesmen kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
  • Mengelompokkan siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
  • Menghubungi orang tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
Question 8 of 50
Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
  • Agar memudahkan guru dalam mengajar
  • Untuk memenuhi persyaratan kurikulum nasional
  • Agar sejalan dengan kebutuhan/kondisi murid
  • Agar asesmen mudah dilakukan
Question 9 of 50
Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
  • Pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan menjual barang
  • Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
  • Pembelajaran materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
  • Pembelajaran materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
Question 10 of 50
Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran adalah…
  • Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
  • Memonitor perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
  • Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
  • Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
Question 11 of 50
Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah langkah yang dapat dipilih oleh guru?
  • Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
  • Mengembalikan pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta didik
  • Menambah waktu pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
  • Proses belajar mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV sebagai pendukung
Question 12 of 50
Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
  • Mendapatkan informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan tahapan belajar
  • Memandu peserta didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
  • Mendapatkan informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
  • Mendapatkan informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
Question 13 of 50
Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
  • 2 soal dari materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 4 soal dari materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
  • 6 soal dari materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
Question 14 of 50
Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
  • Guru mengajar semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
  • Guru melakukan asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua materi
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid di kelas
Question 15 of 50
Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas pembelajaran….
  • Daring sinkron
  • Daring asinkron
  • Luring sinkron
  • Luring asinkron
Question 16 of 50
Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan adalah…
  • Menyediakan telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
  • Mendorong kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
  • Memastikan orang tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
  • Meminta peserta didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
Question 17 of 50
Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
  • Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar
  • Membangun kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
  • Mengumpulkan informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
Question 18 of 50
Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.
Dari cerita diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
  • Konten
  • Konsep
  • Kompetensi
  • Topik
Question 19 of 50
Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari pendidikan adalah…
  • Konsep
  • Keterampilan
  • Konteks
  • Kompetensi
Question 20 of 50

Kompetensi 3 (Pengetahuan)

Kompetensi 4 (Keterampilan) 

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

4. Menyajikan pengetahuan  faktual dalam bahasa  yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis,dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat, dan dalam tindakan  yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

3.1 Menggali  informasi tentang  cara-cara

perawatan tumbuhan dan    hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan  kosakata baku dan kalimat efektif.

Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
  • Menetapkan indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
  • Menentukan cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
  • Membuat aktivitas pembelajaran yang menyenangkan siswa
  • Melakukan asesmen untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
Question 21 of 50
Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
  • Pesan
  • Bahan
  • Orang
  • Alat
Question 22 of 50
Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
  • Visual
  • Audio
  • Audio visual
  • Multimedia
Question 23 of 50
Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan, guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 24 of 50
Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan peserta didik termasuk dalam cara 5M…
  • Memanusiakan hubungan
  • Memahami konsep
  • Memberdayakan konteks
  • Memilih tantangan
Question 25 of 50

Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)

Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)

3. Memahami  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dengan  cara  mengamati, menanya  dan  mencoba  berdasarkan rasa    ingin    tahu    tentang    dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,  dan  benda-benda  yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

4. Menyajikan  pengetahuan  faktual  dan konseptual  dalam  bahasa  yang  jelas, sistematis,   logis   dan   kritis,   dalam karya   yang   estetis,   dalam   gerakan yang mencerminkan  anak  sehat,  dan dalam  tindakan  yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar

3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya    serta    menjelaskan   cara menghasilkan,     menyalurkan,     dan menghemat energi listrik

4.5 Menyajikan   karya   tentang   berbagai cara  melakukan  penghematan  energi dan  usulan  sumber  alternatif  energi listrik

Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
  • Memberi tugas menulis makalah tentang cara kerja listrik
  • Membuat acara talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
  • Mengajak murid menghitung meteran listrik di rumah
  • Meminta murid belajar mandiri dari Youtube
Question 26 of 50
Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
  • Memberdayakan konteks
  • Memilih tantangan
  • Memahami konsep
  • Membangun keberlanjutan
Question 27 of 50
Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memilih tantangan
  • Memberdayakan konteks
Question 28 of 50
Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan  sebuah kubus, kawat, dan penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut, manakah yang termasuk media belajar?
  • Ibu Tini sebagai guru matematika
  • Bangun ruang sebagai kompetensi yang dipelajari
  • Kubus dan kawat yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
  • Penggaris yang dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Question 29 of 50
Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
  • Model PJJ dengan kelas daring
  • Model guru kunjung
  • Model kelas luring berkelompok kecil
  • Model PJJ melalui televisi
Question 30 of 50
Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
  • Karakteristik peserta didik
  • Potensi media dan teknologi
  • Keadaan latar atau lingkungan
  • Tujuan pembelajaran
Question 31 of 50
Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi pada siswa adalah ….
  • Menalar, siap hidup, kemandirian, ujian bermakna
  • Kemandirian, keahlian, menalar, ujian bermakna
  • Menalar, kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
  • Kemandirian, menalar, kecerdasan, ujian bermakna
Question 32 of 50
Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
  • Sesuai dengan rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
  • Membutuhkan kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
  • Mudah ditemui di kehidupan nyata
  • Tidak membutuhkan waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
Question 33 of 50
Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2. Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 34 of 50
Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan: 
  1. “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
  2. “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
  3. “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”
Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa yang sedang dilakukan  Guru Irene merupakan langkah-langkah asesmen awal pada tahap…
  • Persiapan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis kognitif awal
  • Persiapan asesmen diagnosis non kognitif awal
  • Pelaksanaan asesmen diagnosis non kognitif awal
Question 35 of 50
Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
  • Tetap memaksakan peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
  • Menghentikan pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
  • Mengganti dengan proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
  • Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
Question 36 of 50
Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
  • Melihat simulasi
  • Melihat pameran
  • Berpartisipasi dalam workshop
  • Melakukan simulasi
Question 37 of 50
Definisi dari pengetahuan konten adalah…
  • Pengetahuan mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
  • Pengetahuan mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
  • Pengetahuan mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
  • Pengetahuan mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
Question 38 of 50
Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
  • Sebagai bahan pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
  • Membandingkan pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
  • Untuk memenuhi penilaian hasil belajar (raport)
  • Mengidentifikasi kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
Question 39 of 50
Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat dihindari jika guru Dinda melakukan…
  • Asesmen formatif
  • Asesmen kognitif
  • Asesmen diagnosis awal
  • Asesmen sumatif
Question 40 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
  • Membagi peserta didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
  • Guru menyesuaikan aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua peserta didik di kelas
  • Melakukan penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
  • Melakukan pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar menjadi bahan evaluasi
Question 41 of 50
Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
  • Asesmen pembelajaran
  • Asesmen terhadap belajar
  • Asesmen formatif
  • Asesmen sumatif
Question 42 of 50
Perhatikanlah daftar dibawah ini;
Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
  • Membangun keberlanjutan
  • Memahami konsep
  • Memilih tantangan
  • Memberdayakan konteks
Question 43 of 50
Definisi dari media pembelajaran adalah….
  • Berbagai atau semua sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi
  • Alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
  • Sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam belajar
  • Suatu cara atau taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
Question 44 of 50
Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan. Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk direkomendasikan kepada orang tua?
  • Berdiskusi tentang tujuan pembelajaran
  • Menyusun jadwal belajar bersama anak
  • Bertanya tantangan belajar kepada anak
  • Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
Question 45 of 50
Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
  • Kurikulum yang baru untuk masa pandemi
  • Penyederhanaan dari kurikulum nasional
  • Gabungan kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
  • Penjabaran dari kurikulum nasional yang dirasa perlu
Question 46 of 50
Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
  • Pemeriksaan kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
  • Berfokus pada proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
  • Umpan balik pada peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
  • Tindak lanjut proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
Question 47 of 50
Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di awal pembelajaran yang tepat?
  • Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
  • Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
  • Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
  • Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Question 48 of 50
Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
  • Belajar dilakukan kapan saja, tidak ada jam tertentu
  • Murid dan orangtua dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan menyesuaikan dengan keadaan rumah
  • Menyatukan belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian didiskusikan bersama
  • Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan komunikasi saat itu juga
Question 49 of 50
Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
  • Asesmen pembelajaran
  • Asesmen untuk belajar
  • Asesmen sebagai belajar
  • Asesmen terhadap belajar
Question 50 of 50
Penggunaan televisi dan radio merupakan media dalam pembelajaran jarak jauh model….
  • Dalam jaringan/online
  • Luar jaringan /offline
  • Terpadu (memadukan)
  • Kunjungan guru

SERTIFIKAT Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 diberikan kepada Ikhsan Jailani


Struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



4 komentar:

Soal dan Kunci Jawaban Tahap 1: Bimtek Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Asesmen Pra Program Tahap 1 50 dari 50 soal dijawab dengan benar 100 % Question 1 of 50 Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh ya...