Bimtek Daring Level 2 (Implementasi TIK)
Mei - Juli 2020
- Semua peserta yang lulus Level 1 melanjutkan ke Level 2
- Melakukan pendaftaran pada salah satu gelombang level 2 yang tersedia di aplikasi Simpatik (simpatik.belajar.kemdikbud.go.id)
- Mengikuti kelas bimtek daring
- Mengunduh modul dan dan mempelajari materi pembelajaran secara mandiri
- Mengunggah video dokumentasi dan testimoni pemanfaatan TIK untuk pembelajaran
- Ujian sertifikasi daring Level 2
- Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level 2
Materi dan Modul Pelatihan:
- Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar (download modul 5)
- Penerapan pembelajaran menggunakan fitur-fitur rumah belajar (download modul 6)
- Penerapan pembelajaran menggunakan media TV Edukasi, radio suara edukasi, dan m-edukasi (download modul 7)
- Pengelolaan Kelas yang Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Belajar (download modul 8)
TUGAS PEMBATIK LEVEL 2
Ujian Akhir Diklat
Berikut Soal dan Kunci Jawaban ujian akhir diklat pembatik level 2 tahun 2020:
1. Menurut Auon, syarat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat di abad 21 sebagai tuntutan era industri 4.0 adalah harus memiliki kemampuan literasi berikut, kecuali …
o Literasi data
o Literasi teknologi
o Literasi karakter
o Literasi manusia
2.
Penumbuhan dan pelestarian kualitas karakter
peserta didik “rasa ingin tahu” dapat diupayakan melalui …
o Kegiatan eksperimen terbimbing
o Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
o Bakti Sosial
o Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar (KBM)
3.
Sejumlah lapangan pekerjaan yang akan siswa kita
hadapi di masa yang akan mendatang yakni pekerjaan atau profesi yang berciri …
o Pengulangan
o Kreatif
o Mekanis
o Praktis
4.
Kegiatan pembelajaran yang mampu mengakomodasi
berbagai tuntutan kebutuhan abad 21, serta sesuai dengan karakteristik sumber
daya manusia yang mengikuti perkembangan jaman adalah model pembelajaran
berbasis proyek (PjBL). Salah satu alasan dari pernyataan tersebut adalah …
o Menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan
o Pembelajaran menekankan pada penggunaan internet
o Penekanan pembelajaran pada aktivitas peserta didik
o Menghasilkan produk sebagai hasil proses pembelajaran
5.
Berikut merupakan kecakapan yang terkait dengan
kolaborasi dalam pembelajaran, kecuali …
o Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, bekerja secara produktif dengan yang lain
o Mampu mengmukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktik
o Mampu berkompromi dengan anggota yang lain dalam kelompok demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
o Memiliki empati dan menghormati perspektif berbeda
6.
Aktivitas pembelajaran abad 21 berupa kegiatan
literasi mencari referensi pada konten media pembelajaran interaktif (teks,
gambar, audio, video, animasi, simulasi dalam bentuk latihan, tes dan kuis
dapat diterapkan melalui pemanfaatan Fitur Rumah Belajar …
o Sumber Belajar
o Kelas Digital
o Wahana Jelajah Angkasa
o Laboratorium Maya
7.
Salah satu peran guru dalam membangun
keterampilan abad 21 melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran adalah
…
o Pengajar dan fasilitator
o Pendidik dan kolaborator
o Pendidik dan mentor
o Fasilitator dan kolaborator
8.
Aktivitas pembelajaran abad 21 yang membuat
siswa melakukan percobaan secara mandiri dapat diterapkan melalui pemanfaatan
Fitur Rumah Belajar …
o Buku Sekolah Elektronik (BSE)
o Bank Soal
o Laboratorium Maya
o Peta Budaya
9.
Tugas pendidik untuk mampu mengembangkan
pembelajaran abad 21 diantaranya yaitu …
o Menyiapkan bahan belajar dan media pembelajaran yang lengkap
o Memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking)
o Menerapkan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi
o Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
10. Salah satu tahapan gerakan literasi sekolah adalah “meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: strategi membaca di semua mata pelajaran dan menggunakan buku pengayaan”. Aktivitas tersebut dapat difasilitasi di Rumah Belajar dengan menggunakan fitur …
o Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya
o Laboratorium Maya dan Bank Soal
o Bank Soal dan Kelas Maya
o Sumber Belajar dan BSE
11. Fitur pada portal Rumah Belajar yang menyediakan layanan untuk evaluasi belajar siswa secara online adalah …
o Laboratorium Maya
o Bank Soal
o Sumber Belajar
o Karya Guru
12.
Berikut merupakan alur siswa dalam mengerjakan
soal pada fitur bank soal …
o Mendaftar di bank soal, login pada bank soal, mengerjakan soal pada bank soal
o Mengerjakan soal, login pada bank soal, mendaftar di bank soal
o Mendaftar di bank soal, mengerjakan soal, login pada bank soal
o Mendaftar di bank soal, login pada bank soal
13. Sekolah sebagai penyelenggara, guru dan siswa
merupakan kategori pengguna fitur … pada portal Rumah Belajar.
o Karya guru
o Laboratorium maya
o Sumber belajar
o Kelas maya
14. Jika guru ingin berpendapat di Laboratorium Maya maka …
o Klik daftar
o Klik masuk
o Klik komentar
o Klik bantuan
15. Informasi, bahan ajar, cerita rakyat, dongeng, hikayat merupakan jenis sumber belajar …
o Bahan
o Pesan
o Orang
o Lingkungan
16.
Syarat siswa dapat mendaftar di Rumah Belajar
adalah memiliki …
o NISN
o NUPTK
o NIK
o KTP
17. Buku teks, modul interaktif, film, gambar,
grafik, video, audio, audiovisual, animasi, simulasi, multimedia interaktif,
hypermedia yang dirancang untuk pembelajaran, merupakan sumber belajar yang
berbentuk …
o Pesan
o Bahan
o Alat
o Metode
18.
Menu kelola guru pada fitur Kelas Maya pada
portal Rumah Belajar berisi …
o Data-data guru di MGMP
o Data-data guru MKKS
o Data-data guru di Kabupaten Kota
o Data-data guru di sekolah
19. Untuk mendaftar sebagai anggota (member) portal Rumah Belajar, Sahabat WAJIB mengisi kolom ini, kecuali …
o NUPTK/NISN
o Nama depan
o Nama belakang
o Surel
20. Untuk mengerjakan soal pada fitur bank soal, siswa harus klik tombol …
o Submit
o Mulai
o Enroll
o Start
21.
Seorang guru dengan pengetahuan pedagogik yang
baik maka ia akan dapat …
o Memahami bagaimana siswa membangun pengetahuan
o Menguasai teknologi baru
o Menafsirkan materi pelajaran
o Mengembangkan pengetahuan
22.
Tiga tujuan utama pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran menurut UNESCO, yaitu …
o Menguasai penggunaan TIK, mampu mengelola informasi, dan menggunakan teknologi terbaru
o Membangun knowledge-based society, terampil menggunakan TIK, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
o Menentukan aktivitas pembelajaran, mengembangkan ilmu pengetahuan, mahir menggunakan teknologi
o Menentukan topik pembelajaran, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan aktivitas pembelajaran
23. Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan
dalam merencanakan pembelajaran menggunakan TIK dengan pendekatan software …
o Mengidentifikasi software yang dimiliki, kemudian menyesuaikan dengan topik dan tujuan pembelajaran yang relevan dengan software tersebut
o Menentukan topik, menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, dan menentukan aktivitas pembelajaran yang memanfaatkan TIK
o Merumuskan masalah, pemilihan software, memanfaatkan TIK
o Mengidentifikasi topik, mengidentifikasi software yang ada, memanfaatkan TIK
24. Bu Rina seorang guru Sekolah Dasar. Selain
melalui buku teks pelajaran, Bu Rina ingin menambah pengetahuan siswanya
melalui konten pembelajaran berbasis audio. Jika Bu Rina menggunakan aplikasi
Mobile TVE pada gawainya, maka pilihan menu yang sesuai dengan kebutuhan Bu
Rina pada aplikasi adalah …
o Jadwal Siaran
o Podcast
o Edukasi News
o Siaran Langsung
25. Nina seorang siswa Sekolah Menengah Atas yang
menyukai pelajaran Kimia, dan senang mencari sumber pelajaran Kimia selain dari
buku teks dan buku catatan belajar. Berikut ini layanan yang mendukung
kebutuhan pembelajaran Kimia, kecuali …
o Mobile TVE
o SIKECE
o Televisi Edukasi Live melalui kanal Youtube
o Video on Demand
26. Danar senang mendengarkan siaran radio,
khususnya Suara Edukasi. Jika Danar mendengarkan informasi yang berhubungan
dengan dunia pendidikan, baik berupa informasi kegiatan atau berita yang
disampaikan penyiar secara live maka Danar harus mengikuti jadwal program
…
o Info Edu
o Bintang Edu
o Bunda Pintar
o Mobile Vokasi
27. Diberikan tahapan pemanfaatan TV edukasi dalam
proses pembelajaran secara Video On Demand sebagai berikut:
- Analisis RPP
- Siswa mengunduh konten
- Siswa menonton konten
- Identifikasi ketersediaan media pembelajaran
- Memberikan penugasan kepada siswa
Urutan tahapan yang benar pemanfaatan TV Edukasi secara Video On Demand adalah …
- Analisis RPP
- Identifikasi ketersediaan podcast materi pelajaran
- Siswa mendengarkan podcast materi pelajaran
- Siswa mengunduh podcast materi pelajaran
- Memberikan penugasan kepada siswa
Urutan tahapan yang benar pemanfaatan Suara Edukasi dalam pembelajaran adalah …
o 1,2,3,4, dan 5
o 1,2,3,4, dan 5
o 1,2,4,3, dan 5
o 1,2,5,4, dan 3
29. Guru di Taman Kanak-Kanak Kutilang Bernyanyi
memberikan materi mendongeng yang berjudul Tupai dan Tikus dengan memanfaatkan
podcast suara edukasi. Urutan tahapan yang harus dilakukan guru tersebut adalah
…
o Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, siswa mendengarkan podcas, guru mengunduh podcast, memberikan penugasan kepada siswa
o Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, guru mengunduh podcast, memberikan penugasan kepada siswa, dan siswa mendengarkan podcast
o Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, memberikan penugasan kepada siswa, guru mengunduh podcast, dan siswa mendengarkan podcast
o Analisis RPP, identifikasi ketersediaan media pembelajaran, guru mengunduh podcast, siswa mendengarkan podcast, memberikan penugasan kepada siswa
30. Guru di SD Mekar Jaya akan memberikan materi
lingkaran dengan memanfaatkan aplikasi (apps) yang tersedia di m-Edukasi.
Tahapan awal yang dilakukan Guru tersebut adalah …
o Membuat RPP tentang materi Lingkaran.
o Melakukan tahapan analisis terhadap RPP yang sudah dibuat.
o Menginstall Aplikasi (apps) lingkaran.
o Mengidentifikasi kebutuhan media yang diperlukan.
31. Seorang siswa SD dapat memahami bagaimana viru
corona dapat menyebar dan menyebabkan terjadinya wabah karena menyaksikan video
animasi yang dibagikan guru melalui media sosial. Hal tersebut menunjukkan
potensi TIK dalam pembelajaran salah satunya untuk …
o Meningkatkan kepekaan sosial dan individual
o Meningkatkan efisiensi dalam proses pembelajaran
o Mempermudah pemahaman konsep abstrak dan rumit
o Mengalami proses belajar yang aktif dan menyenangkan
32. Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran adalah …
o Rasio jumlah guru dengan jumlah siswa
o Rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa
o Rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi
o Rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
33. Teknologi di masa pandemi covid-19 telah banyak diadopsi di lingkungan belajar untuk menggantikan sistem pembelajaran tatap muka konvensional, karena berbagai daya tarik yang dimiliki antara lain kenyamanan, fleksibilitas, dan … dalam memfasilitasi pembelajaran.
o Prioritas
o Kolektivitas
o Probabilitas
o Interaktivitas
34. Pernyataan yang paling tepat untuk menggambarkan konsep kehadiran teknologi sebagai “kendaraan” dalam memfasilitasi penguasaan keterampilan abad 21 adalah …
o Proses pembelajaran diarahkan untuk mempelajari teknologinya dan merangsang kepekaan emosional.
o Proses pembelajaran harus selalu terintegrasi TIK karena teknologi adalah solusi pemecahan masalah belajar yang efektif
o Teknologi merupakan sumber utama untuk memecahkan masalah belajar, serta membuat proses pembelajaran lebih interaktif.
o Teknologi sebagai alat sekaligus lingkungan belajar hadir untuk memfasilitasi siswa membangun pengetahuan dan keterampilannya.
35. Aktivitas pembelajaran yang dapat dirancang guru saat memanfaatkan Lab Komputer antara lain adalah searching, yang dapat digambarkan sebagai proses …
o Mencari sumber-sumber belajar
o Mencari tahu karakteristik siswa
o Menemukan solusi atas keterbatasan
o Menemukan proses baru dalam belajar
36. Maksud dari pertanyaan tentang pemanfaatan TIK
sebagai sumber utama, pendamping, atau untuk memperkaya pengalaman belajar
siswa ditujukan salah satunya untuk menentukan…
o Jenis TIK yang relevan dan sesuai karakteristik
o Pola pemanfaatan TIK yang sesuai kebutuhan
o Kompetensi TIK yang harus dimiliki peserta didik
o Infrastruktur yang diperlukan untuk pembelajaran
37. Pemanfaatan TIK diarahkan pada pengembangan
peserta didik menjadi manusia berkarakter dan berkecerdasan intelektual, salah
satunya dengan menerapkan prinsip …
o Mendorong pengguna untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif
o Menjaga kesederhanaan teknologi agar memudahkan pemanfaatannya
o Menumbuhkan keyakinan dan percaya diri akan kecanggihan dan manfaat TIK
o Mengapresiasi TIK sebagai sarana memecahkan seluruh masalah pembelajaran
38. Pola pemanfaatan TIK ikut dipengaruhi oleh
tujuan dan materi pembelajaran, ketersediaan fasilitas, serta …
o Kemauan mengakses dan memanfaatkan
o Kesadaran akan peran TIK oleh pengguna
o Kompetensi SDM, baik guru maupun siswa
o Kecanggihan teknologi dan kemajuan zaman
39. Aspek komunikasi yang harus diperhatikan guru
dalam mengelola kelas adalah …
o Memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai jadwal
o Menggunakan kata-kata santun, lugas, dan mudah dimengerti
o Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan nyaman dan aman
o Menyesuaikan pengaturan tempat duduk dengan tujuan pembelajaran
40. Pengelolaan kelas yang tepat akan memberikan
dampak positif, diantaranya adalah memberikan ruang dan waktu yang cukup bagi
guru untuk …
o Memfasilitasi pembelajaran canggih di abad 21
o Memfasilitasi proses belajar berpusat pada siswa
o Menciptakan pengalaman belajar dalam jaringan
o Menciptakan situasi belajar yang penuh nuansa TIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar