Anda bisa membaca dan mendownload Materi, Modul, dan Tugas berikut:
Pertemuan pertama:
- Panduan kegiatan
- konsep dan teknik penilaian
- Cara menentukan target kd dan merumuskan ipk
- Tugas dan format lembar kerja pertemuan pertama
- Hasil tugas
Pertemuan kedua:
- Penyusunan soal dan analisis
- Buku pembelajaran hots
- Buku penilaian hots
- Pengembangan soal daring
- Konsep bank soal
- Telaah soal
- Tugas pertemuan kedua
- Format lembar kerja 1 pertemuan kedua
- Format lembar kerja 2 pertemuan kedua
- Format lembar kerja 3 pertemuan ketiga
- Hasil tugas 1 pertemuan kedua
- Hasil tugas 2 pertemuan kedua
- Hasil tugas 3 pertemuan kedua
Soal dan kunci jawaban tes awal (pretes) penyusunan soal untuk ujian online :
1. Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur proses dan hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang berupa kombinasi penguasaan proses kognitif dan dimensi pengetahuan merupakan …
o Penilaian tes tertulis
o Penilaian aspek kognitif
o Penilaian obyektif
o Penilaian aspek psikomotorik
2. Penilaian hasil belajar yang dilakukan setelah selesai proses pembelajaran ...
o Assessmen on learning
o Assessment for learning
o Assessment as learning
o Assessment of learning
3. Hewan-hewan pada gambar yang digolongkan dalam herbivora adalah …
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
Manakah yang terjadi kelemahan dari soal di atas …
o Gambar kurang jelas
o pokok soal kurang jelas
o terdapat 2 jawaban benar
o opsi jawaban c tidak berfungsi
4. Pak Ahmad sedang mengajarkan materi tentang pembuatan wadah budidaya rumput laut. Aspek penilaian yang tepat dinilai pada kompetensi tersebut adalah …
o sikap spiritual
o sikap sosial
o pengetahuan
o keterampilan
5. Pada proses analisis butir soal, daya beda digunakan untuk ...
o untuk menunjukkan kemampuan peserta dalam menjawab soal kategori sulit maupun soal kategori mudah dalam suatu kelompok
o menunjukkan tingkat kemampuan butir soal membedakan kelompok yang berprestasi tinggi dari kelompok yang berprestasi rendah
o menunjukkan tingkat kemampuan butir soal membedakan kelompok yang mampu berpikir pada orde yang lebih tinggi
o mengukur prestasi peserta didik berdasarkan indikator yang akan dicapai dalam suatu kelompek test
6. Berikut ini yang bukan merupakan keterbatasan soal bentuk pilihan ganda ...
o sulit membuat pengecoh yang homogen dan berfungsi.
o terdapat peluang bagi peserta untuk menebak jawaban.
o tidak seluruh kompetensi dapat diukur dengan bentuk pilihan ganda.
o karena hasil dapat diketahui dengan cepat, berpotensi subjektif
7. Unsur-unsur ketuntasan minimal kompetensi dasar dapat ditentukan dengan mempertimbangkan ...
o tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake), jumlah kompetensi dasar, kemampuan sumber daya sekolah
o tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake), jumlah kompetensi dasar, kemampuan sumber daya sekolah
o pertimbangan keinginan peserta didik, kompleksitas kompetensi dasar, kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
o nilai bawaan peserta didik, jumlah kompetensi dasar, kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
o tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake), kompleksitas kompetensi dasar, kemampuan sumber daya pendukung
8. Penilaian hendaknya dilakukan berdasar pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal ini memenuhi prinsip ...
o Obyektif
o Adil
o Valid
o Terbuka
9. Seorang guru di sebuah SMK di Jawa Barat memberikan tugas mengarang pada peserta didiknya tentang bahaya rekayasa genetika sebanyak 3000 kata. Jenjang kemampuan berpikir yang ingin dibangun guru tersebut adalah kategori ...
o C3 (penerapan)
o C5 (sintesis)
o C4 (analisis)
o C6 (evaluasi)
10. Coba perhatikan contoh rumusan soal pilihan ganda mata pelajaran kimia berikut ini :
Perhatikan data percobaan uji larutan berikut !
Pasangan senyawa yang merupakan larutan elektrolit kuat dan non elektrolit berturut-turut ditunjukkan oleh larutan nomor ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 5
E. 5 dan 1
Contoh soal diatas termasuk kategori …
Contoh soal diatas termasuk kategori …
o pemahaman (C2) dan konseptual
o analisis (C3) dan prosedural
o aplikasi (C4) dan prosedural
o aplikasi (C4) dan metakognisi
11. Perhatikan cuplikan berita di bawah ini!
Mendadak terkenal, dengan permintaan wawancara jurnalis yang padat, tak membuat Avan lupa pada niatan awal. Dia tetap mengajar dari pagi sampai siang dengan jadwal yang diacak, agar setiap hari murid-muridnya menunggu dia datang, sehingga akan mencegah mereka keluyuran di masa sekolah di rumah akibat pandemi.
“Kalau muridnya cepat paham, paling 20 menitan selesai, terus pindah lagi ke murid yang lain, maksimal dzuhur baru selesai keliling”, ucap dia. Dalam foto-fotonya mengajar, Avan dan muridnya tak mengenakan masker dan hand sanitizer untuk Avan dan muridnya. Tiap mengajar, Avan sebenarnya membawa masker.
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas …
o Apa yang dilakukan Avan agar siswanya tetap belajar?
o apakah profesi dari Avan?
o Mengapa banyak lembaga mengirimkan masker dan hand sanitizer?
o Jika anda sebagai kepala Dinas Pendidikan di wilayah kerja Avan, apa yang akan anda lakukan?
12. Indikator:
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menemukan jenis paragraf melalui kegiatan membaca,
Soal:
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk perilaku mencintai siswa (1). Contoh sederhananya adalah memelihara hewan peliharaan di rumah (2). Anak kecil sangat menyukai kucing (3). Anak bisa diajarkan untuk memberi makan, merawat, dan menyayangi hewan peliharaan (4). Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan kepedulian terhadap satwa (5).
Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Berikut ini penyebab soal di atas termasuk kategori soal yang kurang baik …
o indikator tidak sesuai dengan soal
o soal tidak sesuai dengan indikator
o opsi jawaban tidak setara
o indikator perlu diganti agar sesuai soal
13. Perhatikan langkah-langkah pengembangan Bank Soal berikut ini:
(1) Mengaitkan butir baru dengan butir dalam bank soal
(2) Penyimpanan dan pengamanan
(3) Menulis butir tes
(4) Pemeliharaan bank soal
(5) Melakukan validasi dan kalibrasi
Urutan langkah pengembangan yang sistematis adalah …
o 54321
o 54321
o 35214
o 43215
o 25341
14. Kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar ditentukan dengan cara menghitung rerata KKM ...
o semua indikator dalam KD
o semua indikator dalam KD
o indicator yang sedang diajarkan
o semua KD dalam mata pelajaran
o KD yang ada dalam satu semester
15. Perhatikan tabel skor aspek-aspek dalam menentukan KKM berikut.
Jika sebuah KD memiliki 2 indikator dan berdasarkan analisis indikator memiliki kriteria sebagai berikut:
a) Indikator 1 memiliki kriteria kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang
b) Indikator 2 memiliki kriteria kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake siswa tinggi
Berdasarkan kriteria di atas maka KKM untuk KD tersebut adalah …
o 89
o 89
o 79
o 69
o 59
16. Berikut Add on (pengaya) pada aplikasi google form untuk pengaturan waktu (tanggal dan jam) …
o Form limeter
o Form limeter
o Timer
o Form range
o Form notification
17. Agar lebih efektif dan efisien, proses unggah soal ke aplikasi soal daring dapat dilakukan melalui ...
o Dasboar aplikasi langsung
o Dasboar aplikasi langsung
o Link dengan aplikasi lain
o melalui spreadsheet Template
o pihak ketiga
18. Berikut ini adalah keunggulan dari google form …
o memiliki berbagai bentuk pertanyaan
o memiliki berbagai bentuk pertanyaan
o dapat memberikan kegiatan tindak lanjut pasca ujian
o memiliki tampilan menarik saat ujian
o dapat berkompetisi secara individu maupun kelompok
19. Berikut ini aplikasi ujian daring yang memiliki fitur kegiatan lanjutan setelah ujian ...
o quizizz
o quizlet
o google form
o quizalize
20. Perhatikan rumusan KD berikut ini!
3.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator soal yang tepat untuk mengukur Penalaran (L3) adalah …
o Disajikan cerita mengenai ketentuan hasil pertandingan beserta skornya, peserta didik dapat menganalisis banyaknya pertandingan bila jumlah skor tertentu diketahui.
o Disajikan cerita mengenai ketentuan hasil pertandingan beserta skornya, peserta didik dapat menganalisis banyaknya pertandingan bila jumlah skor tertentu diketahui.
o Disajikan cerita mengenai ketentuan hasil pertandingan beserta skornya, peserta didik dapat menentukan banyaknya pertandingan jika memperoleh skor tertentu.
o Disajikan cerita mengenai ketentuan hasil pertandingan beserta skornya, peserta didik dapat menyebutkan banyaknya pertandingan bila jumlah skor tertentu diketahui.
o Disajikan cerita mengenai ketentuan hasil pertandingan beserta skornya, peserta didik dapat mengidentifikasi banyaknya pertandingan bila jumlah skor tertentu diketahui.
21. Berikut ini adalah keunggulan dari soal bentuk pilihan ganda, kecuali ...
o Dapat mencakup ruang lingkup materi yang luas
o penskorannya mudah, cepat, dan objektif
o efektif untuk peserta jumlah banyak, dan hasilnya harus segera diumumkan
o dapat mengukur kemampuan peserta secara mendalam
22. Buatlah poster sel tumbuhan atau hewan tertentu dengan menggunakan kertas karton, pensil warna atau benda kecil di sekitarmu dengan memperhatikan hal-hal berikut:
1) Tentukan sel hewan atau tumbuhan yang akan dibuat posternya; 2) Dapatkan preparat sel hewan/tumbuhan yang telah dipilih; 3) Amati sel tersebut dengan menggunakan mikroskop; 4) dst.
Soal tersebut merupakan bentuk dari penilaian ...
o kinerja
o proyek
o penugasan
o portofolio
23. Berikut ini adalah aspek yang perlu menjadi perhatiaan dalam telaah butir soal, kecuali ...
o Materi
o Konstruksi
o Bahasa
o Kesulitan
24. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
(1) Menerapkan tujuan penilaian
(2) Menyiapkan daftar pertanyaan
(3) Menyiapkan kisi-kisi soal
(4) Menyusun pedoma penskoran
(5) Menyiapkan rubrik penilaian
(6) Meyusun soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal.
Penulisan tes tertulis dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah …
o (1), (2), (4), (6)
o (1), (3), (4), (6)
o (2), (4), (5), (6)
o (3), (4), (5), (6)
25. Berikut ini adalah defenisi yang tepat tentang Bank Soal ...
o kumpulan soal yang telah teridentifikasi karakteristiknya, misalnya tingkat kesukaran, daya beda, dan penyebaran pilihan jawaban (option), yang dilakukan secara terus menerus untuk memenuhi berbagai keperluan penggunaan
o kumpulan soal yang telah terakreditasi, misalnya tingkat kesukaran, daya beda, dan penyebaran pilihan jawaban (option), yang dilakukan secara terus-menerus untuk memenuhi berbagai keperluan penggunaan
o kumpulan soal yang telah kembangkan oleh KKG/MGMP secara terus menerus yang dipakai oleh para guru di komunitas tersebut
o kumpulan soal yang diramu dari beberapa guru dari beberapa sekolah sehingga menjadi lebih banyak dan memudahkan untuk diujikan ke siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar