Rabu, 19 Agustus 2020

Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan TPA SPMB PKN STAN Tahun 2017

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEUANGAN

POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA

STAN

NASKAH SOAL

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI DIPLOMA I,
DIPLOMA III DAN DIPLOMA IV
TAHUN 2017

Soal Tes Potensi Akademik
Jumlah    : 120 buah
Waktu    : 100 menit

Nomor Seri Soal :
170 141 464


Untuk soal nomor 1-120, pilihlah satu diantara alternatif jawaban yang disediakan, yang Anda anggap merupakan jawaban yang paling tepat dengan memperhatikan setiap petunjuk yang ada . Jika dibutuhkan Anda dapat menggunakan bagian yang kosong pada naskah soal ini sebagai buram.
Tes Potensi Akademik
(Nomor 1 s.d. 120)
Untuk soal nomor 1-6, pilihlah kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang mempunyai arti sama atau arti paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital (huruf besar) yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.
1. TRIVIA 
A. Sesuatu yang mengandung makna ganda
B. Sesuatu yang menjelaskan hal tertentu
C. Sesuatu yang sangat penting untuk dibahas
D. Sesuatu yang kecil dan tidak terlalu penting
E. Sesuatu yang remang-remang
Pembahasan:
Trivia adalah kumpulan benda, informasi, fakta, dan sebagainya yang tidak penting, bernilai kecil, remeh
kunci jawaban: D

2. GLOSARIUM
A. Ringkasan materi
B. Kamus ringkas
C. Pesan singkat
D. Daftar harga
E. Daftar isi
Pembahasan:
Glosarium adalah kamus dalam bentuk ringkas, daftar kata dengan penjelasannya dalam bidang tertentu
Kunci jawaban: B

3. FORKLIF
A. Mesin untuk mengemas barang
B. Alat transportasi sejenis kereta
C. Mesin pengangkat barang
D. Mesin pelunak besi
E. Motor listrik
Pembahasan:
Forklif adalah mesin pengangkat barang
Kunci jawaban: C

4. RACIK
A. Mencampur bahan kimia
B. Menggumpal kecil-kecil
C. Membelah jadi dua
D. Memilin dengan perlahan
E. Mengiris tipis-tipis
Pembahasan:
Racik adalah iris, jerat (dari ijuk, rambut kuda) untuk menangkap burung, ramu
Kunci jawaban: E

5. ULTRAMARIN 
A. Warna hijau daun
B. Warna hitam pekat
C. Warna kuning cerah
D. Warna biru cerah
E. Warna merah muda
Pembahasan:
Ultramarin adalah warna biru cerah. Contoh: sepotong awan putih di langit ultramarin.
Kunci jawaban: D

6. LEMBANG 
A. Tanah datar
B. Tanah berbukit
C. Tanah rendah
D. Tanah subur
E. Tanah liat
Pembahasan:
Lembang adalah alat musik tiup sejenis seruling panjang dari toraja, lembah, tanah rendah, tanah ini lekuk karena tertimpa durian jatuh, tanah tempat air lalu.
Kunci jawaban: C

Untuk soal nomor 7-11, pilihlah kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang mempunyai padanan kata atau padanan pengertian yang paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.
7. SEMPAL 
A. Menyembul 
B. Menohok  
C. Merekah 
D. Menyelip 
E. Meletak  
Pembahasan:
Sempal adalah patah, serkah, menyempal, menyembul, menyumpal. contoh: sempal pada cabang kayu, ranting, tangkai, bagian tubuh seperti lengan.
Kunci jawaban: A

8. EKSENTRIK
A. Ganjil
B. Mirip
C. Identik
D. Menarik
E. Menyerupai
Pembahasan:
Eksentrik adalah aneh, ganjil, tidak wajar. Contoh berpakaian yang eksentrik menarik perhatian orang.
Kunci jawaban: A

9. SATIRE
A. Sebutan
B. Kutipan
C. Sindiran
D. Candaan
E. Panggilan
Pembahasan:
Satire adalah gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang, sindiran atau ejekan
Kunci jawaban: C

10. PROMOSI 
A. Mutasi
B. Fiksasi
C. Agitasi 
D. Suksesi
E. Demokrasi
Pembahasan:
Promosi adalah kenaikan pangkat, pemberian gelar doktor
Mutasi adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain
Fiksasi adalah perasaan terikat pada sesuatu secara berlebihan
Agitasi adalah hasutan kepada orang banyak atau pidato yang berapi-api
Suksesi adalah penggantian kepemimpinan
Demokrasi adalah pemerintahan rakyat
Kunci jawaban: D

11. WIRACARITA
A. Epos
B. Travesti
C. Komik
D. Novel
E. Cerpen
Pembahasan:
Wiracarita adalah cerita kepahlawanan, syair kepahlawanan, epos
Kunci jawaban: A

Untuk soal nomor 12-16, pilihlah kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang merupakan lawan kata atau lawan pengertian yang paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.
12. JENENG 
A. Rata
B. Lurus
C. Tegak
D. Datar
E. Kokoh 
Pembahasan:
Jeneng adalah miring, condong
Kunci jawaban: C

13. MASIF
A. Kecil
B. Dekat
C. Sedikit
D. Lantang
E. Renggang
Pembahasan:
Masif adalah utuh dan padat, di dalamnya tidak berongga (tentang batu dan sebagainya), kuat, kukuh, murni
Kunci jawaban: E

14. SERAU
A. Tipis
B. Kecil
C. Sempit
D. Rapat
E. Pendek
Pembahasan:
Serau adalah kurang kerap (tentang tenunan), tidak rapat, jarang, nyenyai
Kunci jawaban: D

15. PRUDENSIAL
A. Picik
B. Jahat
C. Culas
D. Bodoh
E. Curang 
Pembahasan:
Prudensial adalah bijaksana, selalu menggunakan akal budi
Picik adalah tidak luas pandangan/pengetahuan/wawasan
Culas adalah malas sekali, tidak tangkas, lamban, curang, tidak jujur
Kunci jawaban: A

16. TANGKAL
A. disetujui
B. dibiarkan
C. diantisipasi
D. dipermudah
E. ditumbuhkan
Pembahasan:
Tangkal adalah tolak, cegah
Kunci jawaban: A

Untuk soal nomor 17-25, pilihlah padanan yang bertanda A, B, C, D, atau E yang mempunyai padanan hubungan atau hubungan yang paling serupa dengan hubungan kata-kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.
17. TRAKTAT : NEGARA = ...
A. Undang-undang : MPR
B. Legislatif : Presiden
C. Doktrin : Para Ahli
D. Amandemen : DPR
E. Polisi : Peraturan
Pembahasan:
Traktat adalah perjanjian antarbangsa disahkan oleh negara
Sebagaimana undang-undang adalah ketentuan dan peraturan negara yang dibuat oleh pemerintah disahkan oleh MPR
Kunci jawaban: A

18. OBENG : MEKANIK = ...
A. tas : siswa
B. peluit : wasit
C. sepatu : pria
D. petani : cangkul
E. sarjana : wisuda
Pembahasan:
Obeng adalah alat untuk memutar sekrup yang dipakai oleh mekanik (ahli mesin)
Sebagaimana peluit adalah alat yang dapat menghasilkan bunyi apabila ditiup dipakai oleh wasit
Kunci jawaban: B

19. PENERBIT : PENGARANG : BUKU = ...
A. galeri : pelukis : lukisan
B. pameran : pengarang : buku
C. pengrajin : pasar : kain
D. produser : artis : sinetron
E. panggung : penari : kostum
Pembahasan:
Penerbit memublikasikan suatu karya yang dihasilkan oleh pengarang berupa buku
Sebagaimana galeri memublikasikan suatu karya yang dihasilkan oleh pelukis berupa lukisan
Kunci jawaban: A

20. KARST : BENTUK PERMUKAAN BUMI = … 
A. Mendung : Bentuk Permukaan Udara
B. Hijau : Bentuk Permukaan Daun
C. Sisik : Bentuk Permukaan Kulit
D. Aspal : Bentuk Permukaan Jalan
E. Pasang surut : Bentuk Permukaan Laut
Pembahasan:
Karst (daerah yang terdiri atas batuan kapur yang berpori) adalah bentuk permukaan bumi
Sebagaimana sisik (lapisan kulit yang keras dengan keping-keping) adalah bentuk permukaan kulit
Kunci jawaban: C

21. BATA : TANAH LIAT = … 
A. Batu : Pasir
B. Bunga : Buah
C. Kertas : Buku
D. Beton : Semen
E. Tembikar : Keramik
Pembahasan:
Bata terbuat dari tanah liat
Sebagaimana beton terbuat dari semen
Kunci jawaban: D

22. MATA : AIR MATA = … 
A. hidung : upil
B. kulit : daki
C. mulut : air liur
D. leher : keringat
E. tubuh : darah
Pembahasan:
Air mata keluar dari dalam mata
Sebagaimana air liur keluar dari dalam mulut
Kunci jawaban: C

23. KOMPUTER : PAPAN KETIK : TETIKUS = ...
A. Rumah : Meja : Kursi
B. Pesawat : Pilot : Kemudi
C. Piranti keras : Piranti lunak : Tautan
D. Gawai : Layar sentuh : Jari-jemari
E. Mobil : Sistem penentu posisi : pedal gas
Pembahasan:
Komputer menggunakan papan ketik untuk mengetik untai alfanumerik dan tetikus untuk mengarahkan kursor
Sebagaimana Gawai menggunakan layar sentuh untuk mengetik untai alfanumerik dan jari-jemari untuk mengarahkan kursor
Kunci jawaban: D

24. BRASIL : KOPI = … 
A. china : emas
B. india : teh
C. arab saudi : minyak
D. afrika selatan : permata
E. pantai gading : coklat
Pembahasan:
Brasil terkenal dengan kopi
Sebagaimana arab saudi terkenal dengan minyak
Kunci jawaban: C

25. KOTAK : BENTUK = MENARA : ...
A. atau
B. loteng
C. rumah
D. gedung
E. bangunan
Pembahasan:
Kotak merupakan suatu bentuk
Sebagaimana menara merupakan suatu bangunan
Kunci jawaban: E

Untuk soal nomor 26-35, bacalah tiap kutipan dengan seksama, kemudian jawablah pertanyaan yang berkaitan dengan kutipan tersebut dengan memilih A, B, C, D, atau E. 

BACAAN 1 berikut ini untuk soal nomor 26-30.

    Pemerintah Provinsi Papua mengembangkan ubi jalar sebagai salah satu makanan pokok di delapan kabupaten. Upaya itu bertujuan mengurangi tingginya ketergantungan masyarakat Papua pada beras yang mencapai 200.000 ton per tahun. “Ubi jalar berpotensii besar untuk menjadi salah satu makanan pengganti beras. Pada tahun 2013, produksi ubi jalar di Papua sebesar 405.527 ton, sedangkan konsumsi hanya 300.000 ton. Karena itu, kami yakin ubi jalar bisa mengurangi ketergantungan masyarakat pada beras,” kata Kepala Seksi Umbi-umbian dan Sagu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemprov Papua Hendrikus Kawer di Jayapura, Papua.
    Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua, delapan kabupaten yang mendapat dana bantuan itu adalah Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Jayawijaya, Merauke, Nabira, Mimika, dan Keerom. Terdapat sekitar 40 kelompok tani yang berada di delapan wilayah itu. Total luas area lahan ubi jalar di delapan wilayah itu mencapai 775 hektar. Tujuh kabupaten masing-masing seluas 100 hektar dengan bantuan Rp 357 juta per kabupaten. Hanya Tolikara seluas 75 Hektar sehingga mendapat bantuan Rp 267 juta. Bantuan dikhususkan untuk pennyediaan sarana produksi berupa pupuk organik dan anorganik. Bantuan lain adalah peralatan bagi lima kabupaten lainnya yang berpotensi sebagai sentra produksi ubi jalar, yakni Yahukimo, Deiyai, Pegunungan Bintang, Mappi, dan Boven Dogoel. “Luas lahan di lima kabupaten itu 200 hektar. Untuk pengelolaan lahan 1 hektar lahan ubi jalar diberikan bantuan dana Rp 1 juta,” ujarnya. Terkait pengembangan sagu, Hendrikus mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim melakukan pemetaan ke Kabupaten Jayapura dan Supion pada Oktober. “Kami belum memiliki data valid tentang produksi sagu di Papua. Karena itu, pemetaan sangat penting untuk melihat seberapa besar potensi pengembangan sagu sebagai pengganti beras di sejumlah daerah,” kata Hendrikus.
    Berdasarkan hasil sensus pertanian tahun 2013, luas lahan ubi jalar terus mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir. Saat ini, luas lahan ubi jalar adalah 30.980 hektar padahal tahun 2011 masih 34.414 hektar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Didik Koesbianto menyatakan, pemerintah daerah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar untuk mengubah pola perilaku dan membangkitkan kesadaran masyarakat yang sering mengonsumsi beras. “ Berdasarkan pantauan kami, belum ada pelaku usaha agribisnis untuk memasarkan hasil produksi ubi jalar yang begitu besar hanya dijual di pasar-pasar tradisional dan menjadi makanan ternak,” tutur Didik. (FLO)
(Sumber: Kompas, disesuaikan seperlunya)
26. Yang bukan termasuk fakta pada bacaan di atas adalah …
A. Belum ada data produksi sagu di papua yang valid
B. Luas lahan ubi jalar sebesar 34.414 hektar pada tahun 2011
C. 40 petani berada di delapan kabupaten yang mendapat bantuan dana produksi
D. Pemerintah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar, saran dari Kepala BPS Prov. Papua
E. Pemerintah Papua mengembangkan ubi jalar sebagai salah satu makanan pokok di delapan kabupaten
Pembahasan:
pilihan jawaban D merupakan opini atau saran
Kunci jawaban: D

27. Ide pokok bacaan di atas yang paling tepat adalah …
A. Pemerintah Papua harus serius mengembangkan ubi jalar
B. Holtikultura di Papua
C. Perubahan pola perilaku masyarakat papua
D. Pemerintah Papua mengembangkan ubi jalar
E. Perkembangan Sagu di Papua
Pembahasan:
Lihat kalimat pertama paragraf pertama
kunci jawaban: D

28. Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah …
A. Luas lahan ubi jalar terus mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir, berdasarkan sensus pertanian 
        tahun 2013
B. Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Jayawijaya, Merauke, Mimika, Jayapura dan Keerom adalah delapan 
        kabupaten yang mendapat bantuan
C. Bantuan yang diberikan akan digunakan untuk penyediaan sarana produksi berupa pupuk organik dan 
        anorganik
D. Ubi jalar berpotensi besar untuk menjadi salah satu makanan pengganti beras
E. Produksi ubi jalar di Papua 405.527 ton, sedangkan konsumsi hanya 300.000 ton di tahun 2013
Pembahasan:
Pilihan jawaban B jayapura tidak termasuk delapan kabupaten yang mendapat bantuan
kunci jawaban: B

29. Istilah HOLTIKULTURA pada bacaan di atas sama artinya dengan …
A. Budidaya perkebunan
B. Budidaya umbi-umbian
C. Budidaya pertanian
D. Budidaya buah
E. Pertanian
Pembahasan:
Holtikultura berasal dari bahasa latin hortus (tanaman kebun) dan cultura (budidaya) dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun (perkebunan)
kunci jawaban: A

30. Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah ...
A. Perlu dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkan ubi jalar di Papua
B. Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua, ada delapan kabupaten yang mendapat dana bantuan
C. Pemerintah daerah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar untuk mengubah pola perilaku
D. Mengurangi tingginya ketergantungan masyarakat Papua pada beras
E. Ubi jalar berpotensi besar untuk menjadi salah satu makanan pokok di Papua
Pembahasan:
Kesimpulan pada paragraf ketiga
kunci jawaban: C

BACAAN 2 berikut ini untuk soal nomor 26-30.

    SekolahWaldorf memang menarik perhatian karena ketika yang lain berlomba-lomba memasukkan perangkat digital ke ruang kelas mereka, Waldorf justru menampiknya. Padahal salah satu lokasi Sekolah Waldorf yang mendidik anak-anak usia dini sampai kelas lima ada di Los Altos California yang notabene adalah Lembah Silikon di AS. Murid-murid sekolah ini pun bukan sembarangan. Beberapa dari mereka adalah anak-anak petinggi yang bekerja di perusahaan gawai atau portal internet seperti Google, Apple, E-Bay, Yahoo!, dan Hewlett-Packard.
    “Saya secara mendasar menolak gagasan bahwa kita membutuhkan bantuan teknologi digital di sekolah dasar,” kata Alan Eagle, Executive Communication Google. Atas pertimbangan itu Eagle menyekolahkan putrinya di Waldorf School yang berlandaskan pada filosofi pendidikan “memanusiakan manusia”.
    Berdasarkan Kelas-kelas di Sekolah Waldorf didesain seperti kelas klasik untuk menyesuaikan dengan kesan tanpa sentuhan digital, dengan dinding terbuat dari kayu,. Untuk berinteraksi antara guru dan murid disediakan papan tulis dan kapurnya. Buku buku elektronik jelas tidak ada, sebagai gantinya adalah buku ensiklopedia. Murid-murid pun mencatat di buku tulis biasa menggunakan pensil.
    Para murid secara rutin belajar dan bermain tanah lapang atau lahan bercocok tanam milik sekolah sambil berbecek-becek dan bermain lumpur. Aktivitas yang bisa jadi hanya dilakukan di sekolah-sekolah biasa sekali setahun ketika melakukan karyawisata atau diajak keluarga.
    Bahkan pelajaran prakarya masih diajarkan di sekolah ini. Seperti yang dilakukan oleh Andie, putri Eagle tadi. Ia terlihat asyik membuat kaos kaki. Merajut menurut salah seorang guru di Waldorf seperti dikutip dari New York Times, mampu membantu anak-anak belajar memahami pola dan matematika. Menggunakan jarum dan benang dapat mengasah kemampuan murid-murid memecahkan masalah dan belajar koordinasi.
    Anak-anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang besar, selalu memandang dengan kacamata optimistis, ulet, kreatif, penuh cinta kasih, berdaya cipta, dan mudah beradaptasi. Para pendidik di Waldorf sadar bahwa peran sekolah adalah untuk memelihara dan mengembangkan kualitas-kualitas tersebut sehingga anak-anak itu dapat tumbuh sesuai dengan kapasitasnya pada masa depan.
    Pendidikan modern di sisi lain hanya berfokus pada akademik saja dan melupakan sifat-sifat penting yang membentuk tumbuh kembang anak. Misalnya saja perkembangan perasaan positif (emosi, estetika, dan kemampuan bersosialisasi), keinginan positif (percaya diri dan kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik), dan kekuatan nilai dalam diri yang dapat melihat benar dan salah.
(Majalah Intisari Edisi Maret 2015, disesuaikan seperlunya)
31. Pernyataan yang termasuk fakta dalam bacaan di atas adalah ...
A. Sekolah Waldorf melarang siswa-siswanya membawa smartphone di sekolah
B. Sekolah Waldorf menggunakan papan tulis dan kapur untuk kegiatan belajar di dalam kelas
C. Setiap siswa yang lulus dari sekolah waldorf bisa membuat kerajinan tangan
D. Sekolah Waldorf mengharuskan siswanya meninggalkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
E. Semua siswa Sekolah Waldorf merupakan anak-anak dari Petinggi Perusahaan Teknologi di Silicon Valley
Pembahasan:
Fakta terdapat pada paragraf ketiga
kunci jawaban: B

32. Istilah PRAKARYA pada bacaan di atas sama artinya dengan ...
A. Barang setengah jadi
B. Barang tradisional
C. Pekerjaan ringan
D. Kerajinan tangan
E. Mainan 
Pembahasan:
Prakarya adalah pekerjaan tangan (pelatihan di sekolah), kerajinan tangan
kunci jawaban: D

33. Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah ...
A. Sekolah Waldorf merupakan sekolah unik yang menolak penggunaan media digital
B. Sekolah Waldorf merupakan sekolah unggulan yang terbaik dan eksklusif
C. Sekolah Waldorf ingin memelopori pengembalian metode belajar mengajar seperti pendidikan sebelum era digital
D. Sekolah Waldorf telah membuktikan bahwa konsep pendidikan tradisional lebih baik daripada konsep pendidikan era digital
E. Sekolah Waldorf menerapkan kurikulum yang berfokus pada sifat-sifat penting yang membentuk tumbuh kembang anak
Pembahasan:
Kesimpulan tersirat pada paragraf terakhir
kunci jawaban: E

34. Manakah yang bukan merupakan fakta dalam bacaan di atas?
A. Sekolah Waldorf terletak di South Carolina, Silicon Valley Amerika Serikat
B. Sekolah Waldorf tidak menggunakan sabak digital dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
C. Para siswa di sekolah Waldorf diajarkan membuat kerajinan belajar mengajar di kelas
D. Merajut diajarkan kepada siswa-siswa di Sekolah Waldorf
E. Beberapa siswa Sekolah Waldorf merupakan anak petinggi perusahaan google
Pembahasan:
Pilihan jawaban D merupakan opini terdapat pada paragraf kelima
kunci jawaban: D

35. Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah …
A. Pendidikan modern lebih berfokus pada sisi akademik
B. Merajut dapat mengasah siswa untuk memecahkan masalah dan belajar koordinasi
C. Siswa Waldorf terbiasa bercocok tanam dan memelihara ikan
D. Tidak ada sentuhan digital di kelas-kelas Sekolah Waldorf
E. Buku ensiklopedia masih digunakan di Sekolah Waldorf
Pembahasan:
Pilihan jawaban C tidak ada pada bacaan di atas.
kunci jawaban: C

Untuk soal nomor 36-80, pilihlah satu diantara alternatif jawaban yang disediakan, yang Anda anggap merupakan jawaban yang paling tepat. Jika dibutuhkan Anda dapat menggunakan bagian yang kosong pada buku soal ini sebagai buram. 
36. \(\sqrt[3]{x^{3}y^{6}}:\sqrt{x^{2}y^{4}}= ...\)
A. 3
B. \(3xy^{2}\)
C. \(3\sqrt[3]{xy}\)
D. \(3x\sqrt{y}\)
E. \(3y\sqrt{x}\)
Pembahasan:
\(\sqrt[3]{x^{3}y^{6}}:\sqrt{x^{2}y^{4}}\)
\(=(x^{3}y^{6})^{\frac{1}{3}}:(x^{2}y^{4})^{\frac{1}{2}}\)
\(=x^{\frac{3}{3}}y^{\frac{6}{3}}:x^{\frac{2}{2}}y^{\frac{4}{2}}\)
\(=xy^{2}:xy^{2}\)
\(=1\)
kunci jawaban: Tidak ada pilihan jawaban

37. Jika \(x_{1}\) dan \(x_{2}\) adalah akar-akar persamaan \(x^{2}-3x+7=0\) maka nilai dari \({x_{1}}^{2}+{x_{2}}^{2}+3x_{1}x_{2}=...\)
A. 4
B. 10
C. 16
D. 23
E. 30
Pembahasan:
\(x^{2}-3x+7=0\)
Diketahui koefisien variabel dari bentuk umum persamaan kuadrat tersebut adalah a=1, b=-3, c=7
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
\(x_{1}+x_{2}=-\frac{b}{a}=-\frac{(-3)}{1}=3\)
\(x_{1}\times x_{2}=\frac{c}{a}=\frac{7}{1}=7\)
Ditanya
\({x_{1}}^{2}+{x_{2}}^{2}+3x_{1}x_{2}=...\)
\(=(x_{1}+x_{2})^{2}-2x_{1}x_{2}+3x_{1}x_{2}\)
\(=(x_{1}+x_{2})^{2}+x_{1}x_{2}\)
\(=3^{2}+7\)
\(=9+7\)
\(=16\)
kunci jawaban: C

38. Bentuk sederhana dari \(\frac{2x^{2}-x-15}{4x^{2}-25}\) adalah ...
A. \(\frac{x-3}{2x-5}\)
B. \(\frac{x+3}{2x-5}\)
C. \(\frac{x+3}{2x+5}\)
D. \(\frac{-x+3}{2x+5}\)
E. \(\frac{x+3}{2x+5}\)
Pembahasan:
dengan memfaktorkan pembilang dan penyebutnya
\(\frac{2x^{2}-x-15}{4x^{2}-25}\)
\(=\frac{(x-3)(2x+5)}{(2x-5)(2x+5)}\)
\(=\frac{(x-3)}{(2x-5)}\)

Cara lain:
lihat dan operasikan koefisien pembilang dan penyebutnya
\(\frac{2x^{2}-x-15}{4x^{2}-25}\)
\(=\frac{2-1-15}{4-25}\)
\(=\frac{-14}{-21}\)
\(=\frac{2}{3}\)
lalu lihat pilihan jawaban yang hasil operasi koefisiennya \(\frac{2}{3}\) juga
pilihan jawaban A. \(\frac{x-3}{2x-5}\)
\(=\frac{1-3}{2-5}\)
\(=\frac{-2}{-3}\)
\(=\frac{2}{3}\)
kunci jawaban: A

39. Jika \(9a^{2}b+14=500\) ; \(\frac{1}{3}a=\frac{6}{b}\) dan \(\frac{c^{3}-1}{2}-7,5=-\frac{c^{3}}{2}\) maka nilai a+b+c= ...
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
E. 12
Pembahasan:
\(9a^{2}b+14=500\)
kurangkan kedua ruas dengan 14 menjadi
\(9a^{2}b=486\)
Bagikan kedua ruas dengan 9 menjadi
\(a^{2}b=54\) ...persamaan I

\(\frac{1}{3}a=\frac{6}{b}\)
kalikan kedua ruas dengan 3 menjadi
\(a=\frac{18}{b}\)
kalikan kedua ruas dengan b menjadi
\(ab=18\) ...persamaan II

dari persamaan I  diperoleh
\(a^{2}b=54\)
\(a(ab)=54\)
\(a(18)=54\)
bagikan kedua ruas dengan 18 menjadi
\(a=3\)

dari persamaan II diperoleh
\(ab=18\)
\((3)b=18\)
bagikan kedua ruas dengan 3 menjadi
\(b=6\)

\(\frac{c^{3}-1}{2}-7,5=-\frac{c^{3}}{2}\)
kalikan kedua ruas dengan 2 menjadi
\((c^{3}-1)-15=-c^{3}\)
tambahkan kedua ruas dengan \(c^{3}\) menjadi
\(2c^{3}=16\)
bagikan kedua ruas dengan 2 menjadi
\(c^{3}=8\)
\(c^{3}=2^{3}\)
\(c=2\)

a+b+c = 3+6+2 = 11
kunci jawaban: D

40. \(\frac{\frac{9}{16}\sqrt{0,0625}:0,375}{\frac{5}{8}+\frac{7}{15}-\frac{11}{30}}=...\) 
A. 9/29
B. 15/29
C. 16/29
D. 27/29
E. 45/29
Pembahasan:
\(\frac{\frac{9}{16}\sqrt{0,0625}:0,375}{\frac{5}{8}+\frac{7}{15}-\frac{11}{30}}\)
\(=\frac{\frac{9}{16}\sqrt{\frac{625}{10000}}\times \frac{1000}{375}}{\frac{5}{8}+(\frac{14}{30}-\frac{11}{30})}\)
\(=\frac{\frac{9}{16}\times \frac{25}{100}\times \frac{1000}{375}}{\frac{5}{8}+\frac{1}{10}}\)
\(=\frac{\frac{9}{16}\times \frac{1}{100}\times \frac{1000}{15}}{\frac{5}{8}+\frac{1}{10}}\)
\(==\frac{\frac{3}{8\times 2}\times \frac{1}{1}\times \frac{10}{5}}{\frac{5}{8}+\frac{1}{10}}\)
kalikan pembilang dan penyebut dengan 40 menjadi
\(=\frac{\frac{30}{2}}{(5\times 5)+4}\)
\(=\frac{15}{29}\)
kunci jawaban: B

41. 1+(1+2)+(1+2+3)+...+(1+2+3+4+5+6+7+8+9+10)=...
A. 200
B. 202
C. 220
D. 404
E. 440
Pembahasan:
\(U_{1}=1\)
\(U_{2}=1+2\)
\(U_{3}=1+2+3\)
...
\(U_{10}=1+2+3+4+5+6+7+8+9+10\)
Lihat berapa banyak setiap angkanya
= 1.10 + 2.9 + 3.8 + 4.7 + 5.6 + 6.5 + 7.4 + 8.3 + 9.2 + 1.10
= 2 (1.10 + 2.9 + 3.8 + 4.7 + 5.6 + 6.5)
= 2 (10 + 18 + 24 + 28 + 30)
= 2 (110)
= 220
kunci jawaban: C

42. Jika \(p=\sqrt{7225}\), \(q=(25+20)^{2}\), dan \(r=0,5^{3}\) maka p+q+r=...
A. 2090,125
B. 2100,125
C. 2110,125
D. 2120,125
E. 2140,125
Pembahasan:
\(p=\sqrt{7225}\)
karena didalam akar satuannya 5 maka kuadrat dari satuan 5 adalah
\(15^{2}=1\times 2 \mathbf{25}=2\mathbf{25}\)
\(25^{2}=2\times 3 \mathbf{25}=6\mathbf{25}\)
\(35^{2}=3\times 4 \mathbf{25}=12\mathbf{25}\)
...
\(85^{2}=8\times 9\mathbf{25}=72\mathbf{25}\)
\(p=\sqrt{7225}=85\)

\(q=(25+20)^{2}=45^{2}=4\times 5\mathbf{25}=20\mathbf{25}\)

\(r=0,5^{3}\)
karena pangkat 3 berarti 0, tiga angka belakang koma 
\(r=0,125\)

p + q + r = 85 + 2025 + 0,125 = 2110,125
kunci jawaban: C

43. \(\frac{1/2}{3/4}\times \frac{2/3}{4/5}\times \frac{1/5}{6/4}=...\) 
A. \(\frac{2}{27}\)
B. \(\frac{1}{9}\)
C. \(\frac{1}{6}\)
D. \(\frac{1}{5}\)
E. \(\frac{1}{4}\)
Pembahasan:
\(\frac{1/2}{3/4}\times \frac{2/3}{4/5}\times \frac{1/5}{6/4}\)
\(=\frac{\frac{1}{15}}{\frac{18}{20}}\)
\(=\frac{1}{15}\times \frac{20}{18}\)
\(\frac{1}{15}\times \frac{10}{9}\)
\(=\frac{2}{27}\)
kunci jawaban: A

44. Jika p=2q dan q=10r maka \(\frac{p^{2}+100r^{2}}{100r^{2}}=...\) 
A. 2
B. 3
C. 5
D. 7
E. 9
Pembahasan:
p=2q
p=2(10r)
p=20r

\(\frac{p^{2}+100r^{2}}{100r^{2}}\)
\(=\frac{(20r)^{2}+100r^{2}}{100r^{2}}\)
\(=\frac{400r^{2}+100r^{2}}{100r^{2}}\)
\(=\frac{500r^{2}}{100r^{2}}\)
\(=5\)
kunci jawaban: C

45. \(2^{3}+3^{3}+4^{3}+...+14^{3}=...\) 
A. 11024
B. 11016
C. 10989
D. 8280
E. 6084
Pembahasan:
\(1^{3}+2^{3}=9=3^{2}=(1+2)^{2}\)
\(1^{3}+2^{3}+3^{3}=36=6^{2}=(1+2+3)^{2}\)
dan seterusnya

\(2^{3}+3^{3}+4^{3}+...+14^{3}\) 
\(=1^{3}+2^{3}+3^{3}+4^{3}+...+14^{3}-1^{3}\)
\(=(1+2+3+...+14)^{2}-1^{3}\)

\((1+2+3+...+14)\) bisa digunakan rumus jumlah deret aritmetika
sehingga
\((S_{n}=\frac{n}{2}(a+U_{n}))^{2}-1^{3}\)
\((S_{14}=\frac{14}{2}(1+U_{14}))^{2}-1\)
\((S_{14}=\frac{14}{2}(1+14))^{2}-1\)
\(=(7(15))^{2}-1\)
\(=49\times 225-1\)
\(=11025-1\)
\(=11024\)
kunci jawaban: A

46. Jika x adalah luas persegi yang sisinya 46 cm dan y adalah luas lingkaran yang mempunyai diameter 56 cm, maka …
A. x>y
B. x<y
C. x≤y
D. x=y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
\(x=46\times 46=46^{2}\)

\(d=56\)
\(r=\frac{d}{2}=\frac{56}{2}=28\)
\(y=\pi r^{2}\)
\(y=\frac{22}{7}\times 28^{2}\)
\(y=\frac{22}{7}\times 28\times 28\)
\(y=\frac{22}{1}\times 2\times 2\times 28\)
\(y=44\times 56\)
\(y=(46-2)(46+10)\)
\(y=46^{2}+...\)

x<y
kunci jawaban: B

47. Jika x adalah peluang munculnya jumlah mata dadu 9 atau 10 pada kejadian pelemparan dua buah dadu secara bersama-sama dan y adalah \(\frac{1}{9}\) dari \(1\tfrac{1}{4}\) maka …
A. x<y
B. x>y
C. x=y
D. \(x=y+\frac{1}{6}\)
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
jumlah mata dadu 9
{(3,6), (4,5), (5,4), (6,3)}=4
jumlah mata dadu 10
{(4,6), (5,5), (6,4)}=3
jumlah mata dadu 9 atau 10
4+3=7

x=peluang muncul jumlah mata dadu 9 atau 10
\(x=\frac{7}{6^{2}}=\frac{7}{36}\)

\(y=\frac{1}{9}\) dari \(1\tfrac{1}{4}\)
\(y=\frac{1}{9}\times 1\tfrac{1}{4}\)
\(y=\frac{1}{9}\times \frac{5}{4}\)
\(y=\frac{5}{36}\)

\(\frac{7}{36}\) > \(y=\frac{5}{36}\)
x>y
kunci jawaban: B

48. Jika \(a^{3}+a^{2}+a+2=x\) dan \(a^{4}+3a^{3}+3a^{2}+3a+2=y\), maka ...
A. x>y
B. x<y
C. x=y
D. x=a+y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
misal a=0 maka
\(x=0^{3}+0^{2}+0+2=2\)
\(y=0^{4}+3(0)^{3}+3(0)^{2}+3(0)+2=2\)
sehingga x=y

misal a=1 maka
\(x=1^{3}+1^{2}+1+2=5\)
\(y=1^{4}+3(1)^{3}+3(1)^{2}+3(1)+2=12\)
sehingga x<y

ternyata 
jika a=0 maka x=y
jika a=1 maka x<y
karena berbeda hasilnya maka hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
kunci jawaban: E

49. Diketahui a dan b bilangan positif dan a>b. Jika  \(x=\sqrt{\frac{a^{2}-b^{2}}{a+b}}\) dan \(y=\sqrt{a}-\sqrt{b}\)
A. x<y
B. x=y
C. \(x=\frac{1}{2}y\)
D. x>y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
\(x=\sqrt{\frac{a^{2}-b^{2}}{a+b}}\)
\(x=\sqrt{\frac{(a+b)(a-b)}{a+b}}=\sqrt{a-b}\)

\(y=\sqrt{a}-\sqrt{b}\)

a dan b bilangan positif

a>b maka a-b > 0

\(b(a-b)>0\)
\(ab-b^{2}>0\)
\(ab>b^{2}\)
\(\sqrt{ab}>b\)

asumsikan
\(\sqrt{a-b}>\sqrt{a}-\sqrt{b}\)
kuadratkan kedua ruas menjadi
\(a-b>a-2\sqrt{ab}+b\)
kurangkan kedua ruas dengan a menjadi
\(-b>-2\sqrt{ab}+b\)
kurangkan kedua ruas dengan b menjadi
\(-2b>-2\sqrt{ab}\)
bagikan kedua ruas dengan 2 menjadi
\(b<\sqrt{ab}\)
atau
\(\sqrt{ab}>b\)

kesimpulan
jika a dan b positif, dan a>b maka 
\(\sqrt{a-b}>\sqrt{a}-\sqrt{b}\)
x>y
kunci jawaban: D

50. Diketahui \(x=3p^{2}-4\) dan \(y=2p^{3}-4\), maka pernyataan yang benar adalah ...
A. x>y
B. x<y
C. 2x=3y
D. 3x-2y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
misal p=0 maka
\(x=3(0)^{2}-4=0-4=-4\)
\(y=2(0)^{3}-4=0-4=-4\)
sehingga x=y

misal p=1 maka
\(x=3(1)^{2}-4=3-4=-1\)
\(y=2(1)^{3}-4=2-4=-2\)
sehingga x>y

ternyata 
jika a=0 maka x=y
jika a=1 maka x>y
karena berbeda hasilnya maka hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
kunci jawaban: E

51. Jika A=66,67% dari 912 dan B=\(\sqrt{1156}+24^{2}\) , maka ...
A. A<B
B. A>B
C. A-B=1
D. A=B
E. Hubungan antara A dan B tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
A=66,67% dari 912
66,67% bisa diubah ke bentuk pecahan dengan cara
misal
A=66,67%
A=0,6667
10A=6,667
10A-A=6,667-0,6667
9A=6
\(A=\frac{6}{9}\)
\(A=\frac{2}{3}\)

\(A=66,67% dari 912\)
\(A=66,67%\times 912\)
\(A=\frac{2}{3}\times 912\)
\(A=\frac{2}{1}\times 304\)
\(A=608\)

\(B=\sqrt{1156}+24^{2}=34+576=610\)

A<B
kunci jawaban: A

52. Jika \(x=\sqrt{5}-\sqrt{2}\) dan \(y=\sqrt{3}\) maka ...
A. x=y
B. x=y
C. x>y
D. x<y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
seperti nomor 49
jika a dan b positif, dan a>b maka \(\sqrt{a-b}>\sqrt{a}-\sqrt{b}\)

\(\sqrt{5-2}>\sqrt{5}-\sqrt{2}\)
\(\sqrt{3}>\sqrt{5}-\sqrt{2}\)

y>x
atau
x<y

Cara lain
yaitu dengan membandingkan nilai \(x^{2}\) dan \(y^{2}\)
\(x=\sqrt{5}-\sqrt{2}\)
\(x^{2}=(\sqrt{5}-\sqrt{2})^{2}\)
\(x^{2}=5-2\sqrt{10}+2\)
\(x^{2}=7-2\sqrt{10}\)
\(x^{2}=7-2\times 3,16\)
\(x^{2}=7-6,32\)
\(x^{2}=0,67\)

\(y=\sqrt{3}\)
\(y^{2}=3\)

x<y
kunci jawaban: D

53. Jika x adalah munculnya jumlah mata dadu 5 atau 6 pada kejadian pelemparan dua buah mata dadu secara bersamaan dan y adalah \(\frac{1}{3}\) dari \(\frac{5}{6}\) maka … 
A. x<y
B. \(x\geq y\)
C. x>y
D. x=y
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
jumlah mata dadu 5
{(1,4), (2,3), (3,2), (4,1)}=4
jumlah mata dadu 6
{(1,5), (2,4), (3,3), (4,2), (5,1)}=5
jumlah mata dadu 9 atau 10
4+5=9

x=peluang muncul jumlah mata dadu 9 atau 10
\(x=\frac{9}{6^{2}}=\frac{9}{36}\)

\(y=\frac{1}{3}\) dari \(\frac{5}{6}\)
\(y=\frac{1}{3}\times \frac{5}{6}\)
\(y=\frac{5}{18}\)
kalikan pembilang dan penyebut dengan 2 menjadi
\(y=\frac{10}{36}\)

\(\frac{9}{36}\) > \(y=\frac{10}{36}\)
x<y
kunci jawaban: A

54. Jika p=2+3+4+⋯+16 dan q=3+5+⋯+23 , maka …
A. p>q
B. p<q
C. p=q
D. p+q<120
E. Hubungan antara p dan q tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
p=2+3+4+⋯+16
cari dahulu banyak suku deret aritmetika
\(U_{n}=a+(n-1)b\)
\(16=2+(n-1)1\)
\(14=n-1\)
\(n=15\)
\(S_{n}=\frac{n}{2}(a+U_{n})\)
\(S_{15}=\frac{15}{2}(2+16)\)
\(S_{15}=\frac{15}{2}(18)\)
\(S_{15}=15\times 9\)
\(S_{15}=135\)
p=135

q=3+5+⋯+23
cari dahulu banyak suku deret aritmetika
\(U_{n}=a+(n-1)b\)
\(23=3+(n-1)2\)
\(20=2n-2\)
\(10=n-1\)
\(n=11\)
\(S_{n}=\frac{n}{2}(a+U_{n})\)
\(S_{11}=\frac{11}{2}(3+23)\)
\(S_{11}=\frac{11}{2}(26)\)
\(S_{11}=11\times 13\)
\(S_{15}=143\)
q=143

p<q
kunci jawaban: B

55. Jika x adalah \(\frac{6}{7}\) dari 87,5 % dan \(y=\frac{3}{5}\div 0,4\times 50%\) maka …
A. x<y
B. x>y
C. x=y
D. \(x\neq y\)
E. Hubungan antara x dan y tidak dapat ditentukan
Pembahasan:
\(x=\frac{6}{7}\) dari 87,5 %
\(x=\frac{6}{7}\times 87,5%\)
\(x=\frac{6}{7}\times \frac{87,5}{100}\)
\(x=\frac{6}{7}\times \frac{875}{1000}\)
\(x=\frac{6}{8}\)
\(x=\frac{3}{4}\)

\(y=\frac{3}{5}\div 0,4\times 50%\)
\(y=\frac{3}{5}\div \frac{4}{10}\times \frac{50}{100}\)
\(y=\frac{3}{5}\times \frac{10}{4}\times \frac{5}{10}\)
\(y=\frac{3}{4}\)

x=y
kunci jawaban: C

56. Dari persediaan 5 ton beras seorang pedagang hanya bisa menjual maksimal 90% dari persediaannya. Bila harga beli beras 9000/kg, berapakah harga jual beras per kg agar ia tetap mendapat untung 15%? 
A. Rp10.350,00
B. Rp10.500,00
C. Rp11.350,00
D. Rp11.500,00
E. Rp12.500,00
Pembahasan:
harga beli seluruh beras
kunci jawaban: 

57. Parmin menggunakan \(\frac{5}{8}\) luas tanahnya untuk sawah. Kemudian \(\frac{1}{3}\) dari sisanya ia gunakan untuk kolam ikan dan sisanya ia jual dengan harga Rp420.000,00 per \(m^{2}\). Jika Parmin mendapat uang Rp75.600.000,00 dari penjualan itu maka berapa luas kolam ikannya?
A. 270 \(m^{2}\)
B. 240 \(m^{2}\)
C. 180 \(m^{2}\)
D. 150 \(m^{2}\)
E. 90 \(m^{2}\)
Pembahasan:

kunci jawaban: 

58. Seorang peternak memiliki sejumlah sapi. Jika ia memasukkan lima ekor sapi ke dalam setiap kandang, maka jumlah kandang yang dibutuhkan empat buah lebih banyak dibandingkan apabila setiap kandang disi enam ekor sapi. Berapa banyak sapi yang dimiliki peternak tersebut?
A. 80
B. 90
C. 100
D. 110
E. 120
Pembahasan:

kunci jawaban: 

59. Samsuri mengirim \(\frac{3}{8}\) stok padinya ke Jakarta. Kemudian \(\frac{3}{5}\) dari sisanya ia kirim ke Jogjakarta dan sisanya ia jual di rumah dengan harga Rp510.000,00 per kuintal. Jika Samsuri mendapat uang Rp76.500.000,00 dari penjualan itu maka berapa kuintal yang dikirim ke Jogjakarta?
A. 375
B. 460
C. 225
D. 150
E. 135
Pembahasan:

kunci jawaban: 

60. Dewi berlari dengan kecepatan 3 km/jam dan beristirahat selama 10 menit setiap 1,5 jam. Sedangkan Desi berjalan dengan kecepatan 2 km/jam tanpa beristirahat selama 3 jam. Apabila keduanya memulai dari tempat dan waktu yang sama maka jarak keduanya setelah 2,5 jam perjalanan adalah ... km
A. 0,5
B. 1
C. 1,5
D. 2
E. 2,5
Pembahasan:

kunci jawaban: 

61. Seorang pedagang buah membeli 30 kg mangga dan 50 kg manggis dari tengkulak kemudian menjualnya di pasar seharga 150% dari harga pembelian. Buah yang terjual sebanyak 28 kg mangga dan 34 kg manggis. Sisa buah yang tidak laku terjual dibuang karena membusuk. Pedagang tersebut memperoleh 20% keuntungan dari total harga pembelian. Perbandingan harga pembelian mangga dan manggis berturut-turut adalah ...
A. 2:3
B. 3:4
C. 3:2
D. 4:3
E. 4:5
Pembahasan:

kunci jawaban: 

62. Liliput menjadi reseller produk kosmetik melalui toko online. Harga pokok yang dia peroleh adalah m rupiah. Jika keuntungan yang ia harapkan sebesar 2n%, maka dia harus menjual produk kosmetik tersebut seharga ...
A. 200mn
B. 2mn : 100
C. m(2n + 100) : 100
D. 200(n-m)
E. (2n : 100)m
Pembahasan:

kunci jawaban: 

63. Sebuah bilangan terdiri dari empat buah angka yang berbeda. Jumlah keempat angka adalah 12. Angka pertama deitambah angka ketiga sama dengan angka keempat dikurangi angka kedua. Angka ketiga sama dengan selisih angka pertama dan kedua. Angka keempat dibagi angka kedua sama dengan angka pertama dibagi angka ketiga. Bilangan tersebut adalah ...
A. 1236
B. 1326
C. 1632
D. 2136
E. 2316
Pembahasan:

kunci jawaban: 

64. Nilai rata-rata ujian suatu kelas adalah 75. Jika nilai rata-rata siswa putri dan siswa putra di kelas tersebut berturut-turut 77 dan 74,5 maka perbandingan jumlah siswa putri dan putra adalah ...
A. 1 : 3
B. 1 : 4
C.    3 : 1
D. 3 : 4
E. 4 : 1
Pembahasan:

kunci jawaban: 

65. Uang Ahmad Rp20.000,00 lebih banyak daripada uang Bagas ditambah dua kali uang Hasan. Uang Ahmad, Bagas, dan Hasna adalah Rp100.000,00. Selisih uang Bagas dan Hasna adalah Rp10.000,00. Uang Ahmad adalah ...
A. Rp22.000,00
B. Rp33.000,00
C. Rp51.000,00
D. Rp66.000,00
E. Rp67.000,00
Pembahasan:

kunci jawaban: 

66. Pada sebuah universitas yang menyediakan mata kuliah tambahan bahasa inggris dan bahasa Mandarin, dari 780 orang 220 orang memilih Bahasa Mandarin, 90 orang memilih keduanya dan 24 orang tidak memilih. Jika satu kelas memuat maksimal 40 mahasiswa, berapa kelas yang harus disediakan untuk mata kuliah tambahan bahasa inggris?
A. 5
B. 8
C.    10
D. 11
E. 16
Pembahasan:

kunci jawaban: 

67. Rika bersepeda santai dengan kecepatan 100m/15detik selama 5 menit, dan mempercepat kayuhannya menjadi 200m/10detik selama 3 menit. Jika Rika mengayuh sepedanya dengan pola 3 kali lambat dan 2 kali cepat sebanyak 2 kali maka total jarak yang ditempuh Rika adalah ...
A. 1400 meter
B. 2800 meter
C.    3000 meter
D. 26,4 kilometer
E. 75 kilometer
Pembahasan:

kunci jawaban: 

68. Sebuah kaleng berisi penuh beratnya 660 gram. Ketika kaleng tersebut hanya terisi setengah, beratnya 354 gram. Jika kaleng yang telah kosong dapat dijual ke pemulung seharga Rp2,25 per gram. Berapa harga jual kaleng tersebut ...
A. Rp101,25
B. Rp103,50
C.    Rp105,75
D. Rp108,00
E. Rp110,25
Pembahasan:

kunci jawaban: 

69. Dari 10.000 peserta tes seleksi CPNS, 3.900 diantaranya memilih instansi dinas PU. Diantara peserta yang memilih Dinas PU ini 1.100 peserta juga memilih instansi dinas Pertanian. Jika ternyata 3.200 peserta tes tidak memilih instansi Dinas PU dan DInas Pertanian, maka berapa persen peserta yang memilih Dinas Pertanian saja diantara 10.000 orang tersebut ...
A. 11 %
B. 29 %
C.    39 %
D. 43 %
E. 50 %
Pembahasan:

kunci jawaban: 

70. Sebuah kaleng berisi penuh beratnya 660 gram. Ketika kaleng tersebut hanya terisi setengah, beratnya 420 gram. Jika kaleng yang telah kosong dapat dijual ke pemulung seharga 5 rupiah per gram. Berapa harga jual kaleng tersebut ...
A. Rp600,00
B. Rp900,00
C.    Rp1200,00
D. Rp1650,00
E. Rp1800,00
Pembahasan:

kunci jawaban: 

71. Ani membuat 780 ml sirup yang ia tuangkan ke dalam setengah jumlah botol miliknya. Jika masing-masing botol berisi 80 ml sirup dan sirup Ani bersisa 60 ml maka berapa jumlah botol Ani seluruhnya?
A. 4
B. 8
C.    9
D. 16
E. 18
Pembahasan:

kunci jawaban: 

72. Adik akan memasukkan kotak sereal yang berukuran 6 cm x 5 cm x 7 cm ke dalam kardus besar berukuran 28 cm x 24 cm x 60 cm. Berapa jumlah kotak sereal yang dapat dimasukkan ke dalam kardus tersebut?
A. 128
B. 144
C.    192
D. 210
E. 216
Pembahasan:

kunci jawaban: 

73. Lulu membeli 86 kg beras yang ia kemas ke dalam seperempat jumlah plastik miliknya. Jika masing-masing plastik berisi 6 kg beras dan beras Lulu bersisa 2 kg maka berapa jumlah plastik yang dimiliki Lulu?
A. 14
B. 28
C.    34
D. 42
E. 56
Pembahasan:

kunci jawaban: 

74. Sebuah sekolah swasta ingin mengetahui berapa persen dari siswanya yang berhasil lulus masuk universitas negeri favorit. Berdasarkan data sekolah sebanyak 80% dari siswa sekolah yang mengikuti SBMPTN berhasil masuk ke perguruan tinggi. Sebanyak 20% dari siswa yang lulus SBMPTN berhasil masuk universitas negeri favorit. Berapa persen dari siswa sekolah yang mengikuti SNMPTN berhasil masuk universitas negeri favorit?
A. 14%
B. 16%
C.    20%
D. 60%
E. 80%
Pembahasan:

kunci jawaban: 

75. Dalam suatu kelas 5/7 murid adalah laki-laki, 2/5 murid laki-laki berambut lurus. Jika 6/14 murid memiliki rambut lurus, berapakah murid perempuan yang tak memiliki rambut lurus?
A. 5/35
B. 10/35
C.    20/35
D. 23/49
E. 25/49
Pembahasan:

kunci jawaban: 

76. Sebuah bilangan terdiri dari empat buah angka yang berbeda. Jumlah keempat angka adalah 12. Angka pertama ditambah angka ketiga sama dengan angka kedua dikurangu angka keempat. Angka pertama sama dengan selisih angka ketiga dan keempat. Angka kedua dibagi angka keempat sama dengan angka ketiga dibagi angka pertama. Bilangan tersebut adalah ...
A. 1236
B. 1326
C.    1632
D. 2136
E. 2316
Pembahasan:

kunci jawaban: 

77. a, b dan c adalah bilangan positif dan \(2ab=\frac{2}{3}c\). Jika nilai a dinaikkan 25% dan nilai b diturunkan 20%, nilai c sekarang adalah ...
A. naik 60%
B. naik 50%
C.    turun 40%
D. turun 10%
E. tidak berubah
Pembahasan:

kunci jawaban: 

78. Pesawat P tinggal landas pada pukul 02.00 dan terbang dengan kecepatan konstan X km/jam. Pesawat Q tinggal landas pada pukul 03.30 dengan rute yang sama dengan P, tetapi dengan kecepatan Y km/jam. Jika Y lebih besar daripada X, maka berapa jamkah setelah pukul 03.30 pesawat Q akan menyusul pesawat P? 
A. 1,5 x jam
B. \(\frac{3}{2}\) y jam
C.    \(\frac{3}{2}\) (y-x) jam
D. \(\frac{3}{2}\) (9y-x) jam
E. \(\frac{3x}{\left [ 2(y-x) \right ]}\) jam
Pembahasan:

kunci jawaban: 

79. Joni bersepeda ke sekolah dengan kecepatan 20km/jam. Ternyata bekal Joni tertinggal sehingga inu Joni harus mengantar bekal tersebut. Jika ibu Joni berangkat 10 menit kemudian megendarai sepeda motor dengan kecepatan 30km/jam, setelah berapa kilo ibu Joni berhasil menyusul Joni?
A. 5 km
B. 10 km
C.    15 km
D. 20 km
E. 25 km
Pembahasan:

kunci jawaban: 

80. 10% dari suatu bilangan sama dengan 20% dari bilangan lainnya. Jika jumlah kedua bilangan tersebut sama dengan 45, maka selisih kedua bilangan tersebut adalah ...
A. 3
B. 5
C.    6
D. 15
E. 10
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 81-90, masing-masing soal merupakan deret yang belum selesai. Selesaikanlah deret-deret tersebut dengan memilih salah satu alternatif yang disediakan, yang Anda anggap paling tepat.
81. 21, 29, 39, 51, 65, ...
A. 80
B. 81
C.    82
D. 83
E. 84
Pembahasan:

kunci jawaban: 

82. A, C, F, H, K, M, P, ...
A. R
B. S
C.    T
D. U
E. V
Pembahasan:

kunci jawaban: 

83. G, H, I, J, L, L, P, N, ..., ...
A. M, U
B. O, P
C.    O, N
D. U, P
E. U, N
Pembahasan:

kunci jawaban: 

84. 5, 6, 4, 7, 8, 6, 9, 10, 8, ...
A. 10, 10
B. 10, 11
C.    11, 11
D. 11, 12
E. 12, 12
Pembahasan:

kunci jawaban: 

85. 2, 2, 4, 6, 10, ...
A. 14
B. 16
C.    18
D. 20
E. 60
Pembahasan:

kunci jawaban: 

86. A, A, D, B, G, C, ...
A. D, I
B. J, D
C.    H, I
D. J, H
E. D, H
Pembahasan:

kunci jawaban: 

87. D, H, G, K, J, N, ...
A. K
B. L
C.    M
D. O
E. P
Pembahasan:

kunci jawaban: 

88. 151, 150, 146, 137, 121, 96, ...
A. 32
B. 47
C.    60
D. 64
E. 71
Pembahasan:

kunci jawaban: 

89. H, W, L, V, P, U, ...
A. M
B. N
C.    O
D. T
E. U
Pembahasan:

kunci jawaban: 

90. 72, 70, 67, 62, 55, 44, ...
A. 14
B. 23
C.    29
D. 31
E. 33
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 91-100, masing-masing terdiri dari premis-preis dan lima kemungkinan kesimpulan. Pilihlah kesimpulan yang Anda anggap merupakan jawaban yang paling tepat!
91. Semua siswa kelas satu sedang mengikuti karya wisata. Raka siswa kelas satu. Semua siswa kelas satu memakai kaos coklat.
A. Semua teman raka memakai kaos coklat
B. Raka tidak memakai kaos coklat
C. Semua siswa memakai kaos coklat
D. Ada siswa yang mengikuti karya wisata dan tidak memakai kaos
E. Raka sedang mengikuti karya wisata dan memakai kaos coklat
Pembahasan:

kunci jawaban: 

92. Semua mahasiswa harus mengambil mata kuliah dasar. Salah satu mata kuliah dasar adalah statistika.
A. Tidak ada mahasiswa yang tidak mengambil statistika
B. Sebagian mahasiswa mengambil statistika
C. Sebagian mahasiswa tidak mengambil statistika
D. Ada mahasiswa yang tidak mengambil statistika
E. Tidak ada mahasiswa yang mengambil statistika
Pembahasan:

kunci jawaban: 

93. Jika didinginkan pada suhu 0⁰C maka air membeku. Sumi menaruh air dalam kulkas dan sekarang suhunya -5⁰C 
A. Air dalam kulkas justru mendidih
B. Air dalam kulkas tidak membeku
C. Air pasti membeku jika diletakkan dalam kulkas
D. Air dalam kulkas sudah membeku
E. Hanya air dalam kulkas yang bisa membeku
Pembahasan:

kunci jawaban: 

94. Beberapa turis makan tempe. Orang-orang yang makan tempe tidak ada yang warga negara jepang.
A. Semua turis adalah warga negara jepang
B. Beberapa turis adalah bukan warga negara jepang
C. Beberapa turis yang warga negara jepang makan tempe
D. Sebagian orang warga negara jepang
E. Semua orang makan tempe
Pembahasan:

kunci jawaban: 

95. Seluruh anggota DPD profesional. Pak milton adalah mantan penadah yang sekarang jadi anggota DPD
A. Semua penadah tidak profesional
B. Semua anggota DPD orang pandai
C. Pak milton orang yang profesional
D. Sebagian anggota DPD suka korupsi
E. Pak milton tidak pantas menjadi anggota DPD
Pembahasan:

kunci jawaban: 

96. Sementara sarjana adalah dosen. Semua dosen harus mengadakan penelitian.
A. Sementara peneliti bukan dosen
B. Sementara sarjana harus meneliti
C. Sementara dosen tidak meneliti
D. Sementara peneliti adalah dosen
E. Tidak dapat disimpulkan
Pembahasan:

kunci jawaban: 

97. Jika harga tiket kereta api naik maka jumlah penumpang kereta api turun. Jika jumlah penumpang kereta api turun maka jumlah penumpang bus akan bertambah. Ternyata, jumlah penumpang bus tidak bertambah
A. Harga tiket kereta api naik
B. Harga tiket kereta api dan jumlah penumpang bus tidak bertambah
C. Harga tiket kereta api naik dan jumlah penumpang kereta api tidak turun
D. Harga tiket bus tidak naik
E. Harga tiket kereta api tidak naik dan jumlah penumpang kereta api tidak turun
Pembahasan:

kunci jawaban: 

98. Semua santri pandai berceramah. Beberapa penduduk kampung A adalah santri
A. Semua penduduk kampung A adalah santri
B. Beberapa penduduk kampung A pandai berceramah
C. Sedikitnya satu orang santri pandai berceramah
D. Semua penduduk kampung A pandai berceramah
E. Beberapa penceramah adalah santri
Pembahasan:

kunci jawaban: 

99. Diana suka bunga mawar. Semua orang yang suka mawar juga pasti suka melati.
A. Diana suka mawar tapi tidak suka melati
B. Diana hanya suka satu jenis bunga
C. Diana suka melati tapi tidak suka mawar
D. Diana suka melati dan mwar
E. Hanya diana yang suka mawar
Pembahasan:

kunci jawaban: 

100. Buah nangka manis rasanya. Semua buah yang manis disukai anak-anak.
A. Semua anak suka semua jenis buah
B. Selain anak-anak tidak suka nangka
C. Buah nangka disukai anak-anak
D. Hanya nangka yang disukai anak-anak
E. Tidak ada anak yang suka nangka
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 101-104, perhatikan ilustrasi berikut.

Arya, Dika, Derma, Lasmana, Jaka, Mustafa sedang duduk menonton film di bioskop. Ada tepat enam kursi yang berjajar di ruang tersebut. Pada masing-masing kursi terdapat huruf G, H, I, J, K, dan L (satu kursi satu huruf) dari kanan ke kiri. Setiap orang duduk tepat di satu kursi dengan ketentuan:
  • Derma tidak duduk tepat dikanan jaka
  • Dika hanya dapat duduk di kursi G atau K
  • Arya duduk di sebelah kiri Dika
101. Dari kanan ke kiri, urutan yang mungkin adalah…
A. Jaka, Mustafa, Derma, Lasmana, Dika, Arya
B. Derma, Dika, Lasmana, Jaka, Mustafa, Arya
C. Dika, Lasmana, Derma, Jaka, Arya, Mustafa
D. Arya, Dika, Derma, Mustafa, Jaka, Lasmana
E. Lasmana, Dika, Derma, Jaka, Arya, Mustafa
Pembahasan:

kunci jawaban: 

102. Jika Jaka duduk di kursi J dan Arya duduk di kursi H maka…
A. Dika boleh duduk di kursi K
B. Derma boleh duduk di kursi I
C. Dika tidak boleh duduk di kursi G
D. Lasmana boleh duduk di kursi G
E. Mustafa boleh duduk di kursi L
Pembahasan:

kunci jawaban: 

103. Jika Jaka duduk di kursi J dan Dika duduk di kursi G maka Derma tidak dapat duduk di kursi…
A. H atau K
B. K atau L
C. I atau G
D. L atau H
E. K atau H
Pembahasan:

kunci jawaban: 

104. Jika Dika tidak duduk di kursi K dan Derma duduk di kursi I maka Jaka dapat duduk di kursi berikut, kecuali…
A. H atau L
B. L atau K
C. K atau H
D. J atau G
E. L atau H
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 105-108, perhatikan ilustrasi berikut.

Seorang pemeriksa akan memeriksa 5 kantor yakni E, F, G, H, dan I. Karena lima kantor tersebut saling berhubungan maka pemeriksa harus melakukan pemeriksaan dengan urutan sebagai berikut:
  • H dapat diperiksa jika F sudah diperiksa.
  • G diperiksa sebelum E diperiksa.
  • I diperiksa pada urutan keempat.
105. Jika H bukan yang terakhir diperiksa maka…
A. H diperiksa pada urutan ketiga
B. F tidak diperiksa pada urutan ketiga
C. E diperiksa pada urutan kedua
D. I diperiksa terakhir
E. G diperiksa terakhir
Pembahasan:

kunci jawaban: 

106. Jika G diperiksa pada urutan kedua maka…
A. I diperiksa pada urutan ketiga
B. H diperiksa pada urutan kelima
C. E diperiksa pada urutan keempat
D. I diperiksa pada urutan kelima
E. F diperiksa pada urutan pertama
Pembahasan:

kunci jawaban: 

107. Urutan yang benar adalah…
A. H, E, G, I, F
B. F, H, E, I, G
C. G, F, E, I, H
D. I, G, E, F, H
E. G, I, F, E, H
Pembahasan:

kunci jawaban: 

108. Jika E diperiksa pada urutan kedua maka…
A. G diperiksa pada urutan pertama
B. F diperiksa pada urutan keempat
C. H diperiksa pada urutan ketiga
D. I diperiksa pada urutan terakhir
E. F diperiksa pada urutan kelima
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 109-112, perhatikan ilustrasi berikut.

Ada enam orang anak yaitu: P, Q, R, S, T, dan U. Usia mereka tidak ada yang sama. Dari yang termuda hingga yang tertua, anak-anak ini menyukai mawar, melati, lili, asoka, bougenvil, dan flamboyan. Aturannya adalah R lebih tua dari U; Q lebih muda dari S; Q lebih tua dari T dan U; P lebih tua dari R; dan P tidak suka bougenvil.

109. Jika S menyukai bougenvil, maka P menyukai…
A. Lili
B. Asoka
C. Melati
D. Mawar
E. Flamboyan
Pembahasan:

kunci jawaban: 

110. Diurutkan dari yang termuda hingga tertua, maka urutan yang mungkin adalah…
A. T, R, U, P, Q, dan S
B. T, U, P, R, S, dan Q
C. U, R, P, Q, T, dan S
D. U, R, P, T, Q, dan S
E. U, R, S, Q, P, dan T
Pembahasan:

kunci jawaban: 

111. Jika R lebih muda dari T, Maka U menyukai…
A. Lili
B. Asoka
C. Mawar
D. Melati
E. Bougenvil
Pembahasan:

kunci jawaban: 

112. Jika P menyukai lili, maka R menyukai…
A. Mawar
B. Melati
C. Asoka
D. Bougenvil
E. Flamboyan
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 113-114, perhatikan ilustrasi berikut.

Delapan konsumer F, G, H, J, K, L, M, dan N akan diwawancarai oleh peneliti. Sebelum wawancara dimulai kedelapan orang tersebut akan dibagi dalam dua grup yaitu grup 1 dan grup 2. Masing-masing grup terdiri dari 4 konsumer. Pembentukan kelompok tersebut harus sesuai dengan kondisi berikut.
  • F satu grup dengan J
  • G harus berbeda grup dengan M
  • Jika H di grup 1 maka L harus di grup 1
  • Jika N di grup 2 maka G harus di grup 1
113. Jika M dan L di grup 2 maka konsumer yang tidak mungkin di grup 2 adalah…
A. F
B. G
C. J
D. K
E. N
Pembahasan:

kunci jawaban: 

114. Keempat konsumer yang mungkin di grup 1 adalah…
A. F, G, K, dan J
B. F, H, L, dan M
C. F, J, K, dan L
D. G, H, L, dan M
E. G, K, M, dan N
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Untuk soal nomor 115-118, Anda akan melihat deretan pola atau gambar. Tugas Anda adalah memilih salah satu dari 5 pilihan yang merupakan perputaran gambar dalam soal

115.
Pembahasan:

kunci jawaban: 

116.
Pembahasan:

kunci jawaban: 

117.
Pembahasan:

kunci jawaban: 

118. 
Pembahasan:

kunci jawaban: 

PETUNJUK
Untuk soal nomor 119-120, Setiap bentuk gambar yang pertama dihubungkan dengan bentuk gambar yang kedua. Dengan cara yang sama bentuk gambar ketiga dihubungkan dengan bentuk gambar keempat. Manakah dari kelima pilihan yang merupakan bentuk keempat?
Tuliskanlah jawaban Anda pada LEMBAR JAWABAN!

119.
Pembahasan:

kunci jawaban: 

120.
Pembahasan:

kunci jawaban: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal dan Kunci Jawaban Tahap 1: Bimtek Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Asesmen Pra Program Tahap 1 50 dari 50 soal dijawab dengan benar 100 % Question 1 of 50 Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh ya...